Mbak Tika Dukung Tradisi Sedekah Laut Gempolsewu Jadi Wisata Budaya

0
30

KENDAL – Calon Bupati Kendal Hj Dyah Kartika Permanasari SE MM yang akrab disapa Mbak Tika mendukung tradisi sedekah laut di Desa Gempolsewu Kecamaatan Rowosari sebagai wisata budaya. Hal itu disampaikan Mbak Tika saat mengunjungi kegiatan Nyadran nelayan di Dukuh Tawang Desa Gempolsewu, Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal, Kamis (11/07/24).”Kedatangan kami untuk mendukung masyarakat nelayan yang tengah menyelenggarakan kegiatan sedekah laut atau Nyadran. Kita suport kegiatan ini agar bisa menjadi wisata budaya,” kata Tika.

Menurutnya tradisi Nyadran merupakan tradisi yang harus dilestarikan ditengah perubahan jaman dan era digital saat ini. Dikatakan, tradisi Nyadran sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki yang sudah diberikan.”Tujuannya positif karena sebagai syukur sekaligus bentuk guyub rukun antar nelayan. Tradisi seperti ini tentunya harus dilestarikan apalagi di era digitalisasi modern, sehingga budaya asing yang mudah diakses,” ujar Mbak Tika.

Sebagai bakal calon bupati Kendal yang rencananya akan maju di Pilbup Kendal, dirinya merasa tergerak untuk melihat potensi yang ada di wilayah pesisir untuk nantinya dapat dikembangkan menjadi wisata sehingga para nelayan di Kabupaten Kendal bisa kedepan lebih sejahtera.

Mbak Tika mengaku, pelestarian dan pengembangan potensi menjadi wisata juga menjadi visi misinya.”Jadi seluruh peluang Kabupaten Kendal yang belum maksimal ini kedepannya di pemerintahan selanjutnya akan dimaksimalkan,” bebernya.

Perwakilan Nelayan Desa Gempolsewu, Ahmad Riyanto berharap nantinya Mbak Tika dapat maju mewakili para nelayan untuk memimpin Kabupaten Kendal.”InsyaAllah kalau Mbak Tika itu sosok yang baik dan bagus. Cocok memimpin Kendal,” katanya.

Ia berharap, calon pemimpin Kabupaten Kendal nantinya dapat memberikan solusi permasalahan para nelayan serta dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan.”Selama ini kami kesulitan karena peraturan-peraturan yang dibuat pemerintah. Solar susah kalau tidak beli sendiri. Saya ingin Mbak Tika bisa memimpin Kendal dan mensejahterakan para nelayan,” harap Ahmad Riyanto. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini