Program Selpi Diyakini Hematkan Biaya Rawat Inap Hingga Percepat Kesembuhan Pasien

0
7

KENDAL – Untuk meningkatkan pelayanan para perawat di RSUD melakukan terobosan yang disebut Selasa Pintar (Selpi). Program ini merupakan tindaklanjut workshop yang dilakukan perwakilan perawat RSUD dr H Soewondo Kendal di Semarang yang diselenggarakan DPW PPNI Jateng.”Menindalanjuti hasil workshop itu kami implementasikan dalam pelayanan perawatan kepada pasien,” kata Perawat ICU dan Pengurus Keperawatan, Taat Triyanto workshop, Rabu (22/05/24).

Menurut Taat, program Selpi merupakan forum diskusi yang dilakukan para perawat setiap hari Selasa dengan target melakukan perubahan perilaku perawat dengan implementasi profesional berkelanjutan dan Continuous Profesional Developman.”Terus belajar dan update ilmu serta memperluas wawasan dan kompetensi guna meningkatkan perawatan terhadap pasien,” katanya.

Taat mengatakan, hasil survei kepuasan masyarakat di triwulan pertama penerapan Selpi mencapai 88,93 % dan triwulan kedua 89,66 %.”Dan yang paling istimewa program ini terbukti mampu menghemat biaya perawatan dan mempercepat kesembuhan. Dengan sembuh lebih cepat maka otomatis pasien lebih hemat,” katanya.

Sun Koordinator Pelayanan Keperawatan Rawat Inap, Christina Damayanti mengatakan program Selpi dimulai sejak 10 September 2023.

Dikatakan, pelayanan ini awalnya diberlakukan di dua ruangan yaitu Flamboyan Bougenvil. Setelah dua bulan di evaluasi respon pasien baik dan merasakan manfaatnya. Dijelaskan dengan selalu berdiskusi maka akan muncul ilmu terbaru sekaligus review Standar Pelayanan Operasional (SPO) di rumah sakit.”Setelah berhasil diterapkanndi dua ruangan ini akhirnya diperluas di semua ruangan pada April. Saat ini sudah meningkat saat diskusi narasumber tidak hanya perawat tapi stake holder yang ada di rumah sakit,” katanya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here