Bupati Sebut LPJ Untuk Wujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik

0
10

KENDAL Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Jawaban Bupati Terhadap Pemandangan Umum Fraksi terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2023 serta Penyampaian Raperda RPJPD 2024-2045, berlangaung di Ruang Paripurna Rabu (22/5/2024).

Bupati Kendal, H Dico M Ganinduto mengatakan laporan pertanggungjawaban ini disusun dalam rangka mendukung terwujudnya tata kelola yang baik dalam penyelenggaraan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel serta untuk memberikan informasi relevan mengenai posisi keuangan dari seluruh transaksi SKPD tahun 2023.

Dikatakan, laporan keuangan tahun 2023, merupakan laporan keseluruhan pelaksanaan APBD diharapkan bisa dijadikan sebagai referensi dalam pembahasan pada saat dilaksanakan rapat Badan Anggaran.

Bupati juga membacakan target pendapatan sebagaimana tertuang dalam APBD yaitu Rp 2,450 triliun dan dapat di realisasikan Rp 2,452 triliun. Dan realisasi belanja anggaran tercapai 96,11 persen, pencapaian ini lebih tinggi 6,13 persen dari tahun sebelumnya di 2022.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Muhamad Makmun didampingi tiga wakil masing masing Ahmat Suyuti, Ainurrokhim dan Mabrur serta 27 anggota.

H Muhamad Makmun mengatakan pandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD telah disampaikan pada Rapat Paripurna Senin 20 Mei 2024. Kaitannya dengan RPJPD Muhamad Makmun berharap agar Pansus II secepatnya bisa membahasnya, paling lambat dua bulan sudah selesai pembahasannya.”Semoga kegiatan yang kita rencanakan berjalan lancar dan memberikan kemaslahatan sebesar-besarnya bagi masyarakat Kendal,” katanya.

Sementara dari eksekutif hadir Bupati Dico, Kepala OPD, Staf ahli dan undangan lain. Juga beberapa aktifis dan awak media.

Muhamad Makmun mengatakan bahwa pandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD telah disampaikan pada Rapat Paripurna Senin 20 Mei 2024.

Dico menyampaikan pandangan umum fraksi dan membacakannya. Rapat diakhiri dengan pemberian buku laporan tahun 2023 dari Bupati Kendal kepada Ketua DPRD Kendal.(AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here