Niken Terpilih Gender Champions Bidang Politik, Ali Bidang Generasi Milenial, Mastur Bidang Ekonomi Dan Saroji Bidanng Hukum

0
24

KENDAL – Hj Niken Larasati SE terpilih Gender Champions Kabupaten Kendal tahun 2024 Bidang Politik, H Mastur SH MSi Bidang Ekonomi, H Lilik Gianto Ali SE MM Bidang Generasi Milenial dan H Saroji SH MH Bidang Hukum. Empat Tokoh Masyarakat (Tomas) Kendal ini terpilih karena dinilai sudah berkontribusi nyata untuk masyarakat di bidangnya masing-masing. Pemberian plakat, selempang dan hadiah kepada Gender Champions berlangsung di Pendopo Kabupaten Kendal di puncak acara peringatan Hari Kartini, Kamis (25/04/24).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP2PA), Albertus Hendri Setyawan mengatakan, pemilihan Gender Champhions Tahun 2024 digelar dalam rangka memperingati Hari Kartini 2024.

Dikatakan, pemilihan Gender Champions merupakan penghargaan  bagi mereka yang memiliki kontribusi nyata dan menginspirasi masyarakat bahkan mendorong masyarakat berprestasi di bidang tertentu.“Maksud dan tujuan digelarnya peringatan Hari Kartini, adalah mendorong kesetaraan gender dan penghapusan diskriminasi terhadap perempuan serta memberi penghargaan kepada yang sudah berkontribusi nyata bagi masyarakat,” katanya.

Menurutnya, peringatan Hari Kartini menjadi momentum mengenang kembali jasa Kartini dalam usahanya memajukan derajat kaum wanita Indonesia lewat pendidikan. Kemudian menghargai dan merayakan pencapaian perempuan Indonesia di berbagai bidang, serta menanamkan semangat Kartini dalam memajukan bangsa,” jelas Hendri.

Dijelaskan, tema peringatan Hari Kartini 2024, “Dengan Semangat Kartini Merajut Asa Kesetaraan Gender Untuk Indonesia Maju”, merupakan panggilan untuk memahami dan menghargai kesetaraan gender dalam memajukan negara ini.

“Semangat Kartini adalah pilar utama dalam membangun pondasi yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan berkelanjutan. Perempuan Indonesia adalah perempuan-perempuan tangguh dan berdaya yang mampu mewarnai segala proses memajukan bangsa mewujudkan kesejahteraan,” jelas Hendri.

Sekda Kendal, Ir H Sugiono MT yang mewakili Bupati Kendal mengatakan pemilihan Gender Chammpions merupakan kegiatan yang positif untuk memacu masyarakat berkontribusi nyata  serta mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender di lingkungan masyarakat.

Sekda juga menyampaikan, melalui tema “Dengan Semangat Kartini Merajut Asa Kesetaraan Gender Untuk Indonesia Maju”, pihaknya mengajak seluruh kaum perempuan di Kendal untuk menjadi perempuan berdaya, berkarakter, dan harus tangguh.“Tidak hanya dirinya sendiri, tetapi juga keluarga dan lingkungan karena perempuan bisa memajukan bangsa dan negara khususnya untuk ikut berpartisipasi dan berusaha memberikan yang terbaik bagi kemajuan pembangunan di Kabupaten Kendal,” ujarnya.

Sekda menambahkan, momentum Hari Kartini ini harus jadi refleksi dan momentum dalam memajukan perempuan di segala bidang. Perjalanan keberhasilan dalam hadapi tantangan global multi dengan kesetaraan gender menuju wanita tangguh di era digital.“Kami ucapkan terima kasih kepada kaum perempuan di Kabupaten Kendal yang telah bersama-sama ikut serta berkontribusi dalam program-program prioritas Pemerintah Kabupaten Kendal. Kami juga mengajak, untuk terus bergerak, untuk kemajuan daerah Kabupaten Kendal dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Salah satu pemenang Gender Champion bidang politik, H Niken Larasati SE menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepadamya, sehingga terpilih sebagai salah satu pemenang Gender Champion 2024.

“Ini kegiatan yang bagus tang akan mendorong dan memotivasi masyarakat untuk berkontribusi nyata bagi kemajuan Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Usai penyerahan penghargaan Gender Champions 2024, acara ditutup dengan Talk Show dengan pembicara empat pemenang. (AU/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here