Pertumbuhan Ekonomi Kendal 5,56 Persen, Lebih Tinggi Dari Jateng Dan Nasional

0
86

KENDAL – Bupati Kendal, H Dico M Ganinduto menyampaikan, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal Tahun 2023 tercatat mengalami pertumbuhan positif yaitu sebesar 5,56 persen lebih tinggi dari Jateng dan nasional. Lapangan usahaPertumbuhan Ekonomi Kendal 5,56 Persen, Lebih Tinggi Dari Jateng Dan Nasional mengalami pertumbuhan signifikan meliputi penyediaan akomodasi dan makan minum sebesar 18,72 persen, informasi dan komunikasi sebesar 11,33 persen dan real estate sebesar 9,08 persen.

“Lapangan usaha yang memiliki peran dominan juga mencatatkan pertumbuhan positif di antaranya industri pengolahan tumbuh sebesar 4,40 persen, pertanian, kehutanan, dan perikanan tumbuh sebesar 2,91 persen, perdagangan besar dan eceran, reparasi nobil dan sepeda motor tumbuh sebesar 6,58 persen serta konstruksi tumbuh sebesar 5,10 persen,” bebernya saat Paripurna DPRD Kendal, dengan agenda Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Kabupaten Kendal tahun 2023 dan Penambahan Tugas Panitia Khusus Terkait LKPJ di ruang Paripurna DPRD Kendal, Senin (25/03/24).

Bupati menegaskan, tahun 2023 semua lapangan usaha mengalami pertumbuhan positif. Laju inflasi pada tahun 2021 hingga 2022 mengalami peningkatan dari 1,49 menjadi 4,99.“Namun pada tahun 2023 mengalami penurunan menjadi 2,84. Distribusi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kendal Atas Dasar Harga Berlaku,” tandasnya.

Menurut Bupati, lapangan usaha pada tahun 2023 menunjukkan sektor penyumbang terbesar perekomian di Kabupaten Kendal adalah industri pengolahan sebesar 41,74 persen, pertanian, kehutanan dan perikanan sebesar 18,31 persen dan perdagangan besar dan eceran, reparasi Mmobil dan sepeda motor sebesar 12,03 persen.“Alhamdulillah, pelaksanaan tugas dan tanggungjawab kita di tahun 2023 secara umum dapat berjalan lancar, aman dan memberi kemanfaatan khususnya bagi masyarakat Kendal melalui program-program Pemerintah Kabupaten Kendal,” ungkapnya.

Dikatakan, seluruh perkembangan diberangus sektor di Kendal memberikan dampak positif  bagi pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat yang secara umum.”Dapat terlihat dari beberapa capaian indikator makro pembangunan daerah di Kabupaten Kendal berjalan baik,” imbuh Bupati.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kendal Akhmat Suyuti mengaku belum mengetahui secara rinci Laporan Keterangan LKPJ Kepala Daerah Tahun Anggaran 2023 kepada dewan yang disampaikan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.“Tadi memang telah kita dengarkan langsung secara normatif, apa yang disampaikan Bapak Bupati. Namun kita belum melihat secara rinci terkait pencapaian dalam Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Tahun Anggaran 2023 khususnya yang akan dibahas di Panitia Khusus,” ujarnya.

Ditanyakan, untuk peningkatan kesejahteraaan masyarakatnya bagaimana, tingkat kemiskinannya bagaimana, stuntingya bagaimana, kan banyak hal disitu.” Harus dikaji lebih dalam LKPJ yang disampaikan Bupati dengan kondisi riil di lapangan,” imbuh Suyuti. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here