Antisipasi Kebocoran, Surat Suara Pemilu 2024 Di Jaga Ketat Petugas

0
21

KENDAL – Untuk mengantisipasi kecurangan Pemilu 2024, diputuskan surat suara di Kendal disimpan di Kantor Kelurahan dan Balai Desa dengan dijaga ketat Aparat Penegak Hukum (APH) dan stake holder terkait. Surat suara baru akan dikirim Rabu (14/02/24) menjelang pemungutan suara berlangsung.

Hal tersebut terungkap saat monitoring di TPS 3 Kelurahan Bandengan Kota Kendal. Sekda Kendal Sugiono didampingi stake holder terkait memastikan surat suara tidak disimpan di TPS.”Untuk mengantisipasi adanya kecurangan, diputuskan surat suara disimpan di kelurahan dan balai desa dengan dijaga ketat. Besok baru diantar ke masing-masing TPS,” katanya, Selasa (13/02/2024).

Menurut Sekda, untuk wilayah yang jauh dari balai desa akan dilakukan pengiriman lebih awal sehingga tidak ada keterlambatan suara saat pencoblosan dimulai.

“Jam 5 pagi besok distribusi surat suara dilakukan terutama daerah di selatan Kendal yang jaraknya jauh dari balai desa,” katanya.

Ketua TPS 03 Kelurahan Bandengan, Fahri Nur Cahyo mengatakan, KPPS yang bertugas di TPS-nya berjumlah tujuh orang, dengan tugasnya masing-masing yang telah ditetapkan. Nantinya juga ada dibantu petugas ketertiban dan satu pengawas TPS.

“Alhamdulillah kami sudah siap melaksanakan pemungutan suara. Persiapan telah kami lakukan tujuh hari sebelum waktunya. Sehingga dua hari menjelang pencoblosan sudah 90 persen siap, dan malam ini sudah 100 persen. Tinggal mengambil logistik surat suara di kelurahan besok pagi,” bebernya.

Lurah Bandengan, Nur Ali mengatakan, di daerahnya terdapat 16 TPS yang tersebar di tiga RW dan seluruhnya sudah siapa melaksanakan Pemilu.“Kami himbau kepada masyarakat Kelurahan Bandengan, besok menggunakan hak pilihnya sesuai yang sudah dijadwalkan,” ujarnya.

Kepala Badan Kesbangpol Kendal, Alfebian Yulando mengatakan, pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Kendal berjalan lancar, sukses, aman dan damai, tanpa ada gangguan yang tidak diharapkan. Dijelaskan, pantauan pertama di TPS 03 di Kelurahan Bandengan, selanjutnya menuju Desa Gemuhblanten, Kecamatan Gemuh, dilanjut ke Desa Ngawensari, Kecamatan Ringinarum, dan juga ke Tawang, Kecamatan Rowosari.(AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here