Antisipasi Surat Suara Rusak Kehujanan, KPU Minta TPS Dibuat Di Ruang Tertutup

0
20

KENDAL – KPU Kendal meminta kepada KPPS untuk membuat TPS di ruang tertutup, untuk menghindari kerusakan surat suara jika terjadi hujan. Hal itu disampaikan Komite Tehnik Pemilu, Putut Ami Luhur saat simulasi pencoblosan dan perhitungan di Balai Desa Blimbing Kecamatan Boja, Rabu (31/01/24).”Berdasarkan keterangan BMKG, bulan Februari merupakan puncak musim hujan, untuk mengantisipasi kerusakan surat suara akibat hujan, kami sarankan untuk KPPS agar membuat TPS di ruang tertutup,” sarannya.

Putut menjelaskan, simulasi pencoblosan dan perhitungan surat suara untuk Pilpres dan Pileg 14 Februari mendatang bertujuan agar petugas KPPS semakin mantab menjalankan tugas.”Dsari hasil simulasi dibutuhkan waktu sekitar 3-5 menit setiap warga untuk mulai membuka, mencoblos hingga memasukan surat suara ke kotak suara,” katanya.

Menurut Putut, saat simulasi pencoblosan dan perhitungan surat suara juga disaksikan Forkompinda, Parpol dan stake holder terkait.”KPU Kendal siap 100 persen, hampir tidak ada kendala,” tegasnya.

Ditambahkan, di Kabupaten Kendal ada 3491 TPS yang tersebar di 286 desa Kelurahan.

Warga Desa Blimbing Kecamatan Boja, Abdul Rokhim mengatakan simulasi pencoblosan dan perhitungan surat suara ini sangat membantu warga yang belum paham terhadap pencoblosan.”Kegiatan ini sangat bagus dan memberikan pemahaman warga saat mencoblos surat suara di pileg dan pilpres mendatang,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here