Delapan Tahun Absen, Pemkab Kendal Kembali Raih Penghargaan Kategori Informatif KIP Jateng

0
28

KENDAL – Setelah delapan tahun absen, Pemerintah Kabupaten Kendal  akhirnya kembali meraih penghargaan kategori Informatif tahun 2023 sebagai Badan Publik Pemerintah Daerah dari Komisi Informasi Provinsi(KIP) Jawa Tengah. Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam acara “Anugerah Keterbukaan Informasi Publik tahun 2023 kepada Badan Publik Pemerintah Daerah” kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah, di Ballroom Hotel Patra Convention Kota Semarang, Kamis (21/12/2023) malam.”Tentu kami sangat bersyukur karena selama delapan tahun absen, kini Kendal kembali meraih penghargaan ini,” kata Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, usai menerima penghargaan.

Dikatakan, selain Pemerintah Kabupaten Kendal, ada dua desa di Kabupaten Kendal yang juga mendapatkan penghargaan dari Komisi Informasi Provinsi Jawa Tengah kategori Desa Informatif, yaitu Desa Ngareanak Kecamatan Singorojo dan Desa Kalibareng Kecamatan Patean.

Ketua KIP Jawa Tengah, Indra Ashoka Mahendrayana mengatakan, monitoring dan evaluasi keterbukaan badan publik adalah agenda tahunan yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2016, dan kegiatan ini untuk mengetahui dan mengukur pelaksanaan keterbukaan informasi publik pada Badan Publik di Provinsi Jawa Tengah. “Penilaian ini dilakukan melalui monitoring dan evaluasi. Ada berbagai macam indikator untuk melakukan penilaian seperti penilaian website, media sosial, kuesioner, tahap visitasi, verifikasi presentasi uji publik,” kata Indra.

Dikatakan, sebanyak 295 Badan Publik di lingkungan Provinsi Jawa Tengah, seperti pemerintah kabupaten/kota, SKPD Provinsi, Rumah Sakit Provinsi dan kabupaten/kota, rumah sakit provinsi dan pusat, badan vertikal, BUMD, Bawaslu dan KPU kabupaten/kota, serta 86 desa diusulkan oleh masing-masing kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Selanjutnya dilakukan, monitoring dan evaluasi tahunan kepada badan publik ini. Diharapkan kegiatan ini mampu menginventarisasi, memberikan umpan balik dan memberikan solusi dari permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan keterbukaan informasi publik.” Kegiatan ini harus mampu mewujudkan semakin banyaknya badan publik informatif di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki komitmen terbuka, partisipatif, dan memiliki akuntabilitas yang berkelanjutan,” katanya.

PJ Gubernur Jateng, Nana Sudjana yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasi kepada seluruh instansi di lingkup Provinsi Jateng yang mendapatkan penghargaan dari KIP Jawa Tengah Award 2023.“Mudah-mudahan dengan adanya KIP Award ini dapat memacu kinerja para saudara semua yang mendapatkan penghargaan, dalam pelayan informasi publik di instansi masing-masing, sehingga semakin informatif,” harap Nana Sudjana. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here