Kunjungan Kerja Spesifik Komisi X Disimpulkan Bantuan TIK Bermanfaat

0
32

KENDAL – Kabupaten Kendal spesifik mendapat kunjungan Komisi X DPR RI, Kamis-Sabtu (16-18/11/2023). Tema Acara Kunjungan Kerja Spesifik yaitu Pengawasan terhadap Satuan Pendidikan Penerima Bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Anggota Komisi X DPR RI yang hadir di antaranya, Wakil Ketua Komisi X, Dede Yusuf Effendi, bersama Mujib Rohmat, Agustina Wilujeng, Putra Nababan dan AS Sukawijaya atau Yoyok Sukawi.

Kunjungan Komisi X diawali dengan meninjau SD Tanjungmojo 1 di Desa Tanjungmojo, Kecamatan Kangkung. Kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi SMP Negeri 1 Kangkung, Kabupaten Kendal. Para Anggota Komisi X berkesempatan berdialog dengan guru dan tenaga pendidik terkait TIK.

Bupati Kendal mengatakan, kunjungan Komisi X DPR RI, membawa berkah karena masyarakat dan pemkab Kendal bisa langsung menyampaikan aspirasi untuk ditindaklanjuti.“Tujuan kunker Komisi X DPR RI ke Kendal ingin melihat seperti apa program-program yang dari kementerian, terus apa yang dikeluhkan daerah-daerah dan lain sebagainya, untuk meningkatkan dunia pendidikan yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Kendal,” kata Dico.

Bupati Kendal juga menyebut, sarpras menjadi satu kunci utama dan kemampuan keuangan daerah juga butuh banyak dari pemerintah pusat, dan berharap segera terealisasi.“Selain itu, kompetensi guru sangat penting dalam peningkatan SDM di Kabupaten Kendal. Harapannya itu juga bisa ditindaklanjuti oleh Komisi X dan bisa menjadi program yang konkret untuk kemajuan pendidikan di Kabupaten Kendal,” pungkasnya.

Wakil Ketua Komisi X, Dede Yusuf menyampaikan, kunjungan kerja spesifik Komisi X DPRI RI dalam rangka melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap program TIK di Kendal.

Dijelaskan, para anggota terjun langsung ke masyarakat menggali informasi terkait dengan permasalahan-permasalahan yang terjadi. Diantaranya, upaya Pemkab Kendal terkait Kebijakan Bantuan Perangkat TIK dari Kemendukbud berupa laptop ke satuan pendidikan.“Kita ingin tahu, apakah laptop yang sejak 2021 dan 2022 diturunkan kepada hampir lebih 200 ribu sekolah, apakah sudah termanfaatkan atau belum. Dan tadi sudah kita temukan di lapangan, dulu hanya untuk ANBK (Assesmen Nasional Berbasis Komputer). Tetapi kemudian ada kebijakan, kalau hanya dipakai ANBK saja, berarti kan hanya satu tahun sekali. Maka perlu diperkuat untuk penggunaan para siswa,” kata Dede Yusuf.

Ditanyakan dukungan dan fasilitas apa saja yang telah diterima oleh satuan pendidikan di Kendal terkait bantuan perangkat TIK, dan bagaimana dampaknya terhadap proses pembelajaran di satuan pendidikan.“Jika ada, dukungan apa saja yang harus disiapkan Pemerintah Kabupaten Kendal, juga sejauhmana pemanfaatan bantuan perangkat TIK dengan aplikasi pembelajaran yang terdapat Platform Merdeka Belajar,” beber Dede Yusuf.

Dikatakan, siswa SD dan SMP dalam menggunakan dengan tidak ada kendala. Dengan hasil kunjungan itu disimpulkan bahwa TIK bermanfaat.”Soal temuan-temuan yang lain pun akan didalami.Tapi yang jelas bantuan sangat bermanfaat, karena masih banyak siswa yang belum pernah memegang laptop,” ujar Dede Yusuf.

Acara kemudian dilanjutkan dengan saling menyerahkan cenderamata oleh Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf Effendi didampingi Yoyok Sukawi dan juga Anggota Komisi X yang lain, dengan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto. (AU/01).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini