Ketua PCNU Kendal, Berharap Santri Bisa Berkontribusi Lebih Banyak Pemerintah

0
53
Keterangan Foto: Bupati dan sejumlah kiai foto bersama dengan para pemenang lomba hari Santri tahun 2023.

KENDAL – Ketua PCNU Kendal, DR KH Moh Mustansikin berharap para santri bisa lebih banyak mewarnai di Pemerintahan Kabupaten Kendal, baik di eksekutif maupun legislatif. Hal tersebut disampaikan disela apel peringatan Hari Santri tahun 2023 di Alun-Alun Pembkab Kendal, Minggu (22/10/23).”Sudah banyak bukti di Pemerintahan Pusat para santri sangat bisa mewarnai pemerintahan dengan baik, karena santri itu apa saja bisa. Begitu juga di Kendal kami harapkan para santri lebih banyakikut berperan memajukan Kendal,” katanya.

Dikatakan, perayaan hari Santri kali ini berlangsung sangat meriah di awali dengan sejumlah lomba, performance musik religi, apel hingga karnaval yang diikuti sekitar 38 peserta dari berbagai organ Nahdlatul Ulama (NU).

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, tahun 2023 ini, peringatan Hari Santri mengangkat tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”. Tema tersebut mengajak kepada para pengasuh pondok pesantren dan para santri supaya terus berjuang membangun kejayaan negeri.”Dengan semangat jihad membangun negeri, kita siapkan SDM para santri yang berkualitas, melek tehnologi tapi tetap mengedepankan nilai agama dan akhlakul karimah,” ujar Bupati.

Dikatakan, makna jihad tidak selalu identik dengan berperang angkat senjata. Tetapi Jihad santri sekarang ini, adalah bersungguh-sungguh berjuang dalam melawan kebodohan dan ketertinggalan dengan bersemangat menjalankan kewajiban menuntut ilmu agama serta menambah dengan ilmu pendukung lainnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, pihaknya mengucapkan selamat memperingati Hari Santri Nasional yang ke-9.”Terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat, para santri, para pengasuh pondok pesantren, Ormas Islam, segenap Panitia Peringatan Hari Santri dan seluruh pihak, yang telah bersatu padu dalam rangka menyukseskan kegiatan serangkaian peringatan Hari Santri Nasional ke-9 tahun 2023. Sehingga peringatan Hari Santri tahun ini lebih semarak dan luar biasa. Meriah sekali,” tukasnya.

Menurut Bupati, serangkaian peringatan Hari Santri Nasional yang ke-9 tahun 2023, ke depan para santri di Kabupaten Kendal lebih semangat lagi dalam menambahkan akhlak yang baik, dan juga pesantren yang ada di Kendal bertambah baik, pesat, dan lebih canggih. Sehingga anak-anak di Kendal tidak perlu jauh-jauh jika ingin menempuh pendidikan di pesantren karena di Kendal sudah ada dan bagus.

Ditambahkan, momen Upacara Peringatan Hari Santri Tahun 2023, mari berjuang bersama-sama untuk meraih impian, sebagai santri yang mampu membawa cahaya Islam ke seluruh dunia.”Mari kita berjuang untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik, lebih adil, dan lebih berlandaskan nilai-nilai agama. Mari kita bersama-sama mendoakan para pahlawan terutama dari kalangan ulama, kiai, santri yang telah syahid di medan perang demi kemaslahatan bangsa dan agama. Semoga arwah para pahlawan bangsa ditempatkan yang terbaik di sisi Allah Subhanahu Wata’alla. Amin,” pungkas Bupati.

Disela acara Bupati juga memberikan piala dan hadiah kepada pemenang sejumlah lomba untuk memeriahkan Hari Santri. Kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan karnaval bersama puluhan ribu santri, dari berbagai pondok pesantren dan lembaga pendidikan di Kendal dan seluruh stakeholder terkait.(AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini