Dukung Indonesia Bebas Karies 2030, RSUD dr H Soewondo Terus Beri Penyuluhan Kesehatan Gigi

0
83

KENDAL –  RSUD dr H Soewondo Kendal terus memberikan edukasi kepada pasien gigi sebagai wujud dukung program pemerintah “Indonesia Bebas Karies 2030”. Memperingati Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut, RSUDdr H Soewondo Kendal, juga memberikan penyuluhan terhadap kesehatan gigi dan mulut.

Dokter Spesialis Gigi Anak, drg Zita Aprillia mengatakan, mulut sebagai pintu masuknya semua makanan manusia, harus dijaga betul kebersihan dan kesehatannya. Penyuluhan terhadap masyarakat  terus dilakukan terutama untuk memperingati Hari Kesehatan Gigi Dan Mulut.

Dikatakan, untuk mendukung program pemerintah untuk Indonesia Bebas Karies 2030, pihaknya lebih menggalakan untuk pencegahan.”Strategi kita adalah meningkatakn upaya promotif dan preventif terkait pelayanan kesehatan gigi dan mulut,” ujar drg Zita.

Menurut drg Zita, pihaknya selalu memberikan edukasi kepada para orang tua pasien agar senantiasa menjaga pola makan anak, dan juga memberikan pemahaman terkait perawatan gigi pada anak. Edukasi terhadap anak dilakukan dengan cara yang asyik dengen menggunakan istilah-istilah yang familiar dan tidak menakutkan bagi anak.”Dengan menjaga pola makan, pola hidup sehat kita dapat mencegah terjadinya sakit gigi pada anak, karena rongga mulut merupakan pintu utama masuknya sesuatu kedalam tubuh,” lanjutnya.

Dirinya mengimbau, kepada masyarakat tidak menunggu sampai sakit untuk ke dokter gigi, tetapi rutin memeriksa gigi minimal tiga sampai enam bulan sekali, dengan ad atau tidak adanya keluhan.”Karena yang sering terjadi adalah kadang pasien dateng itu sudah dalam keadaan lubang giginya besar, kan itu bisa menyebar ke organ tubuh lainnya seperti jantung dan ginjal,”pesan drg Zita.

Humas RSUD dr H Soewondo Kendal, Sulistio mengatakan, Pelayanan Spesialis Kedokteran Gigi Anak RSUD Kendal di buka setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu.”Untuk jadwal pelayanan spesialis gigi anak dengan drg. Zita Aprillia, setiap hari Selasa, Kamis dan Sabtu di jam pelayanan,” ujarnya.

Salah satu pasien gigi, Suharti (27) mengatakan pihaknya senang periksa di RSUD dr H Soewondo karena pelayanan yang baik dan ramah.”Dokter gigi yang nangani baik dan cantik serta banyak memberikan edukasi ke masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan gigi dan mulut,” katanya. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini