Bangun Gedung Diagnosis Dan Pelayanan Terpadu, Pengelola RSUD dr H Soewondo Kendal Siap Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

0
69

KENDAL – Untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Soewondo Kendal, berencana akan bangun baru dua lantai yakni Gedung Diagnostic Center dan Pelayanan Terpadu. Hal itu diungkapkan oleh Direktur RSUD dr Soewondo Kendal, dr. Syaiku di kantornya, Rabu (24/08/2023).

Direktur RSUD dr H Soewondo mengatakan, saat ini, proses pembangunan gedung baru di RSUD Kendal sudah berjalan dan memasuki tahapan persiapan pengecoran.“Kita targetkan pembangunan gedung baru dengan dua lantai ini bisa selesai di tahun 2023,” tandasnya.

Menurut Syaiku, selama ini, Ruang Laboratorium dan Ruang Radiologi masih terpisah. Untuk itu pihaknya merencanakan pembangunan gedung baru itu agar Ruang Laboratorium dan Radiologi bisa jadi satu, sehingga nantinya pasien bisa terlayani dengan baik dan maksimal.“Kalau Ruang Laboratorium dan Radiologi terpisah kan kasihan pasien, harus bolak balik untuk mendapatkan hasil foto Rontgen. Nah, dengan adanya gedung baru tersebut nantinya Ruang Laboratorium dan Radiologi akan kita jadikan satu. Untuk lantai duanya nanti untuk pelayanan Poli. Selain itu kita juga akan melengkapi gedung baru itu dengan peralatan layanan kateterisasi jantung (Cath Lab) dan CT Scan 128 Slice,” katanya.

Dijelaskan, ketika gedung baru itu sudah jadi dan sudah dilengkapi dengan peralatan layanan kateterisasi jantung (Cath Lab) dan CT Scan 128 Slice, ketika ada pasien yang mau memasang ring jantung RSUD Kendal sudah bisa melayani dan pasien tidak perlu lagi dirujuk ke Semarang.

Dikatakan, RSUD dr Soewondo Kendal juga akan melakukan pengembangan pelayanan prioritas. Dimana dalam pelayanan prioritas itu ada tujuh pelayanan yang bersinergi dengan program prioritas dari Kementerian Kesehatan.“Tujuh pelayanan prioritas tersebut meliputi pelayanan stroke, jantung, uronephro, diabetes melitus, respirasi dan tuberculosis ( TBC), kanker, kesehatan ibu dan anak. Dengan dirancangnya pembangunan gedung baru dua lantai itu, pelayanan di RSUD nantinya bisa lebih maksimal dan pelayanan bisa terintegritas di satu tempat,” terangnya.

Syaiku menambahkan, untuk saat ini, total luas tanah yang dimilik RSUD ada sekitar 5,2 ha. Sedangkan untuk total investasi, secara menyeluruh, termasuk anggaran untuk gaji pegawai, anggaran belanja rutin untuk obat pegawai dan modal perbaikan alat dan lain sebagainya itu ada sekitar Rp40 miliar,” pungkas Syaiku saat menjabarkan rancangan pembangunan gedung baru dua lantai di RSUD dr. Soewondo Kendal.”Semoga dengan terus meningkatkan fasilitas yang dimiliki RSUD dr H Soewondo Kendal, juga disertai peningkatan kualitas layanan dan kemudahan kepada masyarakat,” do’anya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here