Dinporapar Kendal Bentuk Community Based Tourism

0
56

KENDAL – Dinporapar Kabupaten Kendal menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan tema ‘Membangun networking pelaku pariwisata dan pentahelix dalam meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Kendal’. Acara yang berlangsung di Hotel Sae Inn Selasa (20/06/23).

Kepala Diasporapar Achmad Ircham Chalid mengatakan FGD diselenggarakan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kendal. Menurut ircham, Kabupaten Kendal memiliki banyak potensi pariwisata alam maupun buatan. Selain itu juga banyak komunitas biro perjalanan, kuliner dan pelaku UMKM namun belum adanya sinergitas bersama untuk mengembangkan pariwisata.”Sinergitas sangat penting untuk membangun komunitas pariwisata berbasis masyarakat. Kalau kita mau maju harus bersinergi dan saling menguatkan kan,” katanya.

Ircham berharap akan muncul masukan saran dari peserta untuk kemajuan pariwisata Kabupaten Kendal.

Dijelaskan, Peserta FGD berasal dari seluruh komponen pariwisata seperti Pokdarwis, para pengelola desa wisata, OPD terkait yang diikuti sekitar 100 peserta.

Founder Edutrans.id Coach Transportasi Pendidikan, Dr Hendi Pratama wisata harus ramai dan menghasilkan, Sebelum Covid-19 statistik pariwisata selalu naik, namun saat Covid-19 turun drastis. Pariwisata harus memiliki Value, orang lain menginginkan, orang mau bayar, delivery, profit.

Sambutan Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik, Suharjo SSos mengatakan Kendal memiliki paket wisata lengkap. Sports Tourism jalur sepeda dan lainya semua bersinergi mendongkrak ekonomi masyarakat.

Pemateri terakhir, Dwi Marhen Yono, Direktur Pemasaran Pariwisata. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini