Tiga Tahun Vakum, Dugderan Permata Berlangsung Meriah

0
114

KENDAL – Untuk menyambut dan memeriahkan datangnya Bulan Suci Ramadhan, Persatuan Remaja Masjid Jami’ Nurut Taqwa Desa Penanggulan (Permata) adakan Dug-Deran yang diikuti para raja dan santri disekitar masjid, Rabu (22/03/23). Ini merupakan sebuah tradisi dimana bedug masjid diarak keliling desa dan ditabuh sepanjang perjalanan yang dirangkai dalam acara pawai karnaval dan atraksi peserta drum band. Route perjalanan berawal dari MTs NU 06 Sunan Abinawa Pegandon dan berakhir di halaman masjid untuk dilanjutkan atraksi atau display.

Ketua Umum Permata Hasyim Asyari mengatakan, gelaran tahunan ini diikuti sebanyak 12 peserta group drum band dari berbagai kecamatan, dari wilayah Kecamatan Pegandon, Gemuh, Cepiring, Patebon, dan Kota Kendal.”Semoga tahun depan yang ikut berpartisipasi bisa lebih banyak lagi. Selain peserta drum band, ada juga pawai batik karnival. Ini merupakan acara pertama sejak pandemi usai, 3 tahun kemarin kita libur dulu mengikuti anjuran pemerintah,” ujar Hasyim didampingi Iqbal selaku Humas Permata.

Menurut Iqbal, selain pawai karnaval dan display, rangkaian acara lainnya yaitu bazar yang digelar disepanjang jalan sekitar masjid selama bulan Ramadhan. Dalam bazar ini biasanya menyajikan berbagai macam kuliner khas Desa Penanggulan seperti kicak kapur dll. Selain itu juga terdapat berbagai macam menu makanan dan takjilan buka puasa.

Dikatkan,acara ini dilaksanakan atas kerjasama dari beberapa sponsor antara lain, BPR Nusamba Cepiring, CV. Sinar Surya, Aneka Ria Perempatan Pegandon, Apotek Pegandon, Lampu Stark (SM), Roemah Beras Pegandon, CV. Saferindo Berkah Abadi, Jaya Abadi Sound System, Salon Sekar Tanjung Penanggulan dan partisipasi seluruh Masyarakat Desa Penanggulan.”Kami menyampaikan banyak terimakasih d atas dukungan dan suport semua pihak sehingga acara ini terselenggara dengan baik dan lancar, ” pungkasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here