WEBINAR 1000 Langkah Dalam Peningkatan Kinerja Dosen (Mengenal APJI Lebih Dekat)

0
97

SemarangAPJI (Asosiasi Pengelola Jurnal Indonesia) adalah Perkumpulan untuk mewadahi para pegiat jurnal OJS di Indonesia baik dari Universitas, Institusi, maupun Lembaga yang memiliki kapasitas sebagai tempat publikasi berbentuk jurnal ilmiah di Indonesia. APJI merupakan kepanjangan tangan dari Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen (LPKD) yang didirikan pada tanggal 5 April 2022 Dibawah naungan Yayasan Drestanta Pelita Indonesia (Yayasan DPI). Dewan pembina dan pendiri APJI adalah gabungan kerjasama dosen-dosen yang berasal dari Universitas STEKOM Semarang, Universitas PGRI Semarang, Universitas 17 Agustus Semarang dan STIEPARI Semarang. Dan saat ini sudah beranggotkan kurang lebih 150 pengelola jurnal ilmiah yang bergabung menjadi  anggota APJI.

Acara webinar diselenggarakan sebagai upaya mengenalkan APJI dan program-programnya ke kalangan akademisi di seluruh Indonesia sebagai upaya membantu kalangan akademisi perguruan tinggi khususnya dosen dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi khususnya lagi di bidang publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan dibuka oleh sambutan dari Ketua Umum APJI Ahmad Ashifuddin Aqham., MM., M.Kom dan Founder APJI Danang., S.Kom., MT. dilanjutkan oleh pemaparan dari keempat narasumber yang sekaligus sebagai dewan pembina dan pendiri APJI.

Kegiatan diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari seluruh Indonesia yang terdiri dari pengelola jurnal Ilmiah, Dosen dan Mahasiswa.

Materi yang diberikan oleh 4 narasumber berisikan bagaimana strategi pengembangan kinerja dosen di bidang penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi. Tujuannya adalah untuk menjadi seorang dosen professional melalui pendampingan LPKD dan APJI.

Pada materi akhir disampaikan program-program APJI berupa :

  1. Website resmi APJI https://apji.org/
  2. pendampingan pengelolaan jurnal ilmiah,
  3. program-program system informasi yang telah dibangun oleh APJI antara lain SIPTENAN (Sistem informasi Pencarian dan Ketersediaan Slot Artikel Jurnal), https://siptenan.apji.org/
  4. Pengenalan APJI sebagai agen atau sponsor resmi dari CROSSREF kaitannya dengan Digital Object Identifier (DOI) untuk artikel ilmiah. https://doi.apji.org/
  5. Layanan pengembangan APJI untuk tatakelola Akreditasi dan Tatakelola Perguruan tinggi.
  6. Pendampingan Sertifikasi Dosen (SERDOS SMART)
  7. Pengembangan APJI ke konsorsium berdasarkan rumpun ilmu.

Harapannya kedepan LPKD dan APJI akan menjadi Lembaga yang bisa mensupport kalangan akademi dalam pengembangan potensi sebagai dosen dan pengelola jurnal ilmiah.

Sebagai penutup, danang selaku founder APJI berharap agar kolaborasi ini bisa terus terjaga guna meningkatkan kualitas penelian dosen Indonesia. (EKO SISWANTO)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here