Menteri PMK Bersama Bupati Dan PDM, Lakukan Groundbreaking RSI Muhammadiyah 2 Kendal

0
88

KENDAL – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Prof Dr Muhadjir Effendy bersama Bupati Kendal Dico M Ganinduto dan jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal melakukan groundbreaking pendirian Rumah Sakit Islam (RSI) Muhammadiyah 2 Kendal di Kecamatan Patean, Kendal, Minggu (12/3/2023). Peletakan batu pertama ini disaksikan seluruh jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kendal dan stakeholder terkait.

Menko PMK, Prof Dr Muhadjir Effendy mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakan, pemerintah terus meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat yang lebih baik. Pemerintah juga mendorong kepada pihak swasta, seperti halnya dari PD Muhammadiyah Kendal yang terus membangun rumah sakit. “Pelayanan kesehatan masyarakat tidak hanya tanggung jawab pemerintah, maka pemerintah mendorong pendirian rumah sakit dari lembaga swasta apapun, termasuk dari Muhammadiyah,” katanya.

Menurut Menteri, jika Rumah Sakit Islam Muhammadiyah 2 sudah berdiri, agar segera membuka pelayanan BPJS. Tujuannya agar masyarakat bisa berobat secara gratis, karena bagian warga miskin, untuk iuran BPJS akan ditanggung oleh pemerintah. “Saya mohon jika pembangunan rumah sakit ini selesai,harus segera masuk di anggota BPJS, sehingga nanti para pasien tidak perlu membayar, tetapi langsung dicover oleh BPJS,” harapnya.

Bupati Dico M Ganinduto mengatakan, Pemkab Kendal dengan PD Muhammadiyah Kendal tidak sekedar kolaborasi, tetap saling support untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam pelayanan kesehatan. Pendirian RSI Muhammadiyah 2 Kendal juga sesuai dengan visi misinya dan harapan masyarakat wilayah eks kawedanan Selokaton. “Muhammadiyah memang tidak diragukan lagi dalam membantu program pemerintah, dengan berdirinya banyak rumah sakit dan lembaga pendidikan,” katanya.

Direktur RSI Muhammadiyah Kendal dr Suhadi mengatakan, pendirian RSI Muhammadiyah 2 Kendal ini untuk mendekatkan pelayanan kesehatan di wilayah Kendal atas yang berbatasan dengan wilayah Temanggung. Dengan demikian, masyarakat sekitar tidak perlu jauh-jauh berobat ke rumah sakit di Weleri atau rumah sakit di Temanggung. “Pendirian RSI Muhammadiyah 2 Kendal ini untuk pemerataan pelayanan kesehatan di tiga wilayah kecamatan yang berbatasan dengan Kabupaten Temanggung, karena selama ini belum ada rumah sakit yang dekat,” katanya.

Dijelaskan, lahan yang telah tersedia untuk pembangunan RSI Muhammadiyah 2 Kendal sekitar 1.600 meter persegi. Anggaran yang sudah tersedia sesuai RAB sebanyak Rp 30 miliar. RSI Muhammadiyah 2 Kendal adalah rumah sakit tipe D yang terdiri dari 50 tempat tidur, dengan pelayanan spesialis dasar dan penunjang. “Target pembangunannya satu tahun, sehingga pada awal tahun depan diharapkan sudah bisa beroperasi,” harapnya. Usai melakukan groundbreaking rombongan mengikuti pengajian di Ponpes Darul Arqom Patean. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here