Peringati Hari Ginjal Sedunia, RSUD dr H Soewondo Ajak Masyarakat Hidup Sehat

0
58

KENDAL – RSUD dr H Soewondo Kendal bersama Paguyuban Pasien CKD (Kidney Club) menggelar peringatan Hari Ginjal Sedunia (World Kidney Day) tahun 2023. Kegiatan berlangsung di ruang tunggu pasien dan diikuti jajaran RSUD dr H Soewondo, Kepala Dinkes dan puluhan keluarga pasien serta perwakilan pasien ginjal, Kamis (09/03/23).”Kegiatan ini mengangkat tema kesehatan ginjal untuk semua, mempersiapkan yang tak terduga, mendukung yang rentan,” kata Wakil Direktur Administrasi Umum dan Keuangan Widyo Ertanto mewakili Direktur RSUD dr H Soewondo Kendal, dr Saikhu.

Menurut Widyo, Hari Ginjal Sedunia merupakan acara tahunan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya ginjal bagi kesehatan manusia secara keseluruhan dan untuk mengurangi frekuensi dan dampak penyakit ginjal serta masalah kesehatan.”Maka dari itu perlunya strategi pencegahan penyakit ginjal dan cara merawatnya agar tetap sehat kita harus selalu menerapkan pola hidup sehat,” katanya.

Dijelaskan, dalam memperingati Hari Ginjal Sedunia tahun 2023 mengangkat tema “Kesehatan Ginjal Untuk Semua-Mempersiapkan Yang Tak Terduga, Mendukung Yang Rentan”.

Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Kendal, dr Abidin mengatakan Hari Ginjal Sedunia diperingati setiap tanggal 9 Maret dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah dan pengobatan yang berhubungan dengan ginjal serta dampaknya terhadap kesehatan.

Dikatakan, agar ginjal selalu sehat maka wajib dijaga dengan menerapkan rutin aktivitas fisik, makan makanan sehat, rutin kontrol gula darah, kontrol tekanan darah, cukupi kebutuhan cairan tubuh, Tidak merokok, dan jangan konsumsi obat pereda nyeri terlalu sering.

Kadinkes dr Abidin juga memberi semangat pada pasien cuci darah, mengajak pasien untuk rajin atau tepat waktu cuci darah. dr Abidin juga menyampaikan fasilitas layanan Hemodialisis di RSUD dr H Soewondo kendal sudah cukup memadai.

Ketua Paguyuban pasien CKD, M Abdul Afif mengajak sesama pasien Hemodialisis untuk tetap semangat, merasa nyaman saat proses cuci darah, pelayanan baik, petugas ramah seperti keluarga sendiri.”Mari selalu optimistis, Allah SWT akan memberikan kesembuhan bagi para pasien Ginjal,” aajaknya optimistis. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini