Meriahkan HUT Ke-21, Kecamatan Ngampel Gelar Wayang Kulit

0
96

KENDAL – Memeriahkan Hari Jadi ke-21 Pemerintah Kecamatan Ngampel, Kabupaten Kendal, menggelar jalan sehat, pentas kesenian barongan, pojok UMKM hingga pagelaran wayang. Pagelaran wayang kulit menghadirkan dalang Ki Tantut Sutanto dari Kabupaten Klaten, dengan lakon Jamus Kalimosodo, yang digelar di halaman Kantor Kecamatan Ngampel, Minggu malam (5/3/2023).

Sambutan Bupati Kendal yang dibacakan Sekda Kendal Sugiono menyambutkan bahwa nama Ngampel diambil dari nama Sunan Ampel yang meninggalkan petilasan di Ngampel.”Kegiatan ini positif untuk melestarikan budaya serta meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Bupati mengapresiasi terobosan Camat Ngampel beserta jajarannya, serta masyarakat Ngampel dan semua pihak, yang telah bergotong-royong bersama-sama melaksanakan kegiatan tersebut.“Wayang kulit merupakan salah satu kebudayaan untuk perlu kita dilestarikan. Untuk itu, kepada bapak-ibu semua, supaya selalu menjaga kelestarian wayang kulit. Sebagai salah satu pilar kebudayaan nasional, pagelaran wayang kulit merupakan salah satu alat untuk komunikasi massa,” ujar Bupati.

Dikatakan, acara wayang juga bisa dijadikan sebagai sarana penyebarluasan hasil-hasil pembangunan pemerintah daerah atau wilayah kepada masyarakat tentang berbagai hal. Sekaligus dijadikan sebagai hiburan masyarakat.“Melalui dalang, lakon dan cerita dari pagelaran seni wayang kulit mampu memberikan tuntunan bagi kita semua, penuh dengan bimbingan dan ajakan yang baik. Maka dari itu, kita dapat mengambil suri tauladan yang baik dari pagelaran ini, karena wayang kulit memiliki nilai sejarah dan nilai seni yang sangat tinggi,” imbuh Bupati Kendal.

Menurut Sekda Kendal, Sugiono, juga mengucapkan selamat Hari Jadi Kecamatan Ngampel.“Atas nama Pemerintah Kabupaten Kendal maupun pribadi, saya mengucapkan selamat hari jadi ke-21 kepada seluruh warga masyarakat dan seluruh Aparatur Pemerintah di Kecamatan Ngampel,” ungkapnya.

Sebagai penutup Bupati Kendal mengingatkan, perkembangan zaman dewasa ini semakin hari semakin maju di segala sektor dan bidang. Oleh karenanya pelayanan publik juga diharapkan semakin baik di kecamatan maupun di desa yang ada di Kecamatan Ngampel ini.“Untuk mencapai hal itu sarana dan prasarana juga harus dibenahi termasuk SDM (sumber daya manusia), ASN (aparatur sipil negara) dan para kepala desa beserta perangkatnya. Karena selaku pelayan masyarakat juga dituntut untuk memberikan pelayanan prima, yang baik, cepat dan tepat,” pesan Bupati.

Sebelum acara pagelaran wayang kulit dimulai, Sekda Kendal Sugiono didampingi Camat Ngampel Mugiyono melakukan gunting pita, tanda diresmikannya Warung Pojok UMKM, yang berada di halaman kantor Kecamatan Ngampel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here