Pemkab Kendal – UI Teken Kerjasama Tri Dharma Universitas

0
55

KENDAL – Senat Akademik Universitas Indonesia, mengunjungi Kabupaten Kendal untuk melakukan kerjasama Tri Dharma Universitas. Rombongan diterima langsung oleh Bupati Kendal, H Dico M Ganinduto BSc dan jajaran di Pendopo Agung Bahurekso, Kamis (26/01/26). Hadir pula, Kapolda Jateng, Irjen Pol Akhmad Lutfi dan sejumlah petinggi Polda Jateng.

Bupati Kendal Dico M. Ganinduto menerima kunjungan kerja dan <span;>memaparkan beberapa potensi ekonomi di wilayah Kabupaten Kendal, terutama perkembangan PT Kawasan Industri Kendal (KIK).

Bupati mengatakan, Kabupaten Kendal merupakan Kawasan Strategis untuk Investasi, kepada Wakil Rektor bidang SDM dan Aset Universitas Indonesia Prof. Dr Ir Dedi Priadi DEA. Bupati menjelaskan untuk menyerap tenaga kerja pemerintah daerah telah membuat trobosan dengan menggunakan aplikasi Kendal Karir.“Kita sudah memiliki aplikasi Kendal Karir untuk menjadi wadah kepada masyarakat dalam memberikan informasi pekerjaan, pada aplikasi tersebut juga nantinya akan memberikan pelatihan kepada calon pekerja. Itu semua dibiayai oleh pemerintah dearah dan Kementerian Industri,” jelas Dico.

Menurutnya, empat pilar pembangunan ekonomi Kabupaten Kendal yaitu Industri adalah mewujudkan Kawasan Industri yang dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang mumpuni, dengan membentuk iklim investasi yang sehat dan meningkatkan daya saing. Usai paparan rombongan Senat Akademik UI diajak melihat langsung perkembangan KIK dan juga melaksanakan kerjasama dengan pihak Pemerintah Kabupaten Kendal tentang Tri Dharma Universitas.

Dijelaskan, perkembangan industri ini tentu saja akan diselaraskan dengan sektor lainnya baik pariwisata, pertanian, perikanan dan permukiman.“Sehubungan dengan hal tersebut kita lakukan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kabupaten Kendal dengan Universitas Indonesia tentang Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi di Kabupaten Kendal,” kata Bupati.

Dengan kesepakatan bersama ini diharapkan dapat terjalin kerjasama dalam peningkatan SDM Aparatur Kabupaten Kendal untuk melanjutkan studi S2/S3 ataupun dokter spesialis di UI, sesuai kebutuhan RPJMD Kabupaten Kendal. Kegiatan Kajian Tematik di berbagai bidang sesuai dengan keahlian UI misalnya dalam konteks bidang kesehatan, Reformasi Birokrasi, Stunting, Pengayaan Digitalisasi, pertanian, perekonomian, Ekosistem UMKM, Desa Wisata, BRIDA. Penyusunan rencana detail tata ruang, rencana pengembangan kawasan pariwisata, dan lain sebagainya. Kabupaten Kendal juga mengharapkan adanya program KKN dan Koas bagi tenaga kesehatan, maupun magang mahasiswa di wilayah Kendal sebagai representasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.”Dengan kerjasama ini diharapkan banyaknya program hibah internal riset dapat dilakukan dengan lokus wilayah penelitian di Kabupaten Kendal,” harapnya.

Keterangan Foto: Pemkab Kendal dan UI teken kerjasama Tri Dharma Universitas.

Wakil Rektor UI, Prof Dr Ir Dedi Priadi DEA menuturkan Universitas Indonesia telah berubah, dari sebelumnya hanya melahirkan lulusan, saat ini telah melaksanakan kolaborasi dengan pemerintah untuk ikut berkontribusi membangun wilayah melalui kegiatan yang masuk dalam Tri Dharma perguruan tinggi.“Dengan melihat empat pilar Kabupaten Kendal ini, UI siap bekerjasama guna mendorong kemajuan di Kendal melalui pelaksanaan tri dharma demi mewujudkan Kendal menjadi pusat Industri dan pariwisata yang unggul dan miliki SDM yang baik,” ujar Prof Dedi.

Sementara Direktur PT KIK, Didik Purbadi mengatakan PT KIK mengalami perkembangan yang sangat signifikan dan sekarang sudah ada <span;>84 perusahaan dari sembilan negara yang sudah berinvestasi di Kendal dengan nilai investasi mencapau Rp 34 T. Dikatakan, untuk menyiapkan dan membangun Kawasan Industri Khusus merupakan pekerjaan yang tidak mudah. Meski demikian pihaknya terus bersemangat agar KIK terus tumbuh dengan cepat dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat.”Aplagi PT KIK kami kelola secara Smart Eco. Semoga dengan kerja sama UI dengan Pemkab Kendal ini, akan semakin meningkatkan peran KIK untuk berkontribusi positif kepada masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan itu Pemerintah Kabupaten Kendal dengan Universitas Indonesia turut melakukan MoU dan dilanjutkan dengan kunjungan ke Kawasan Industri Kendal. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here