Wabup Basuki: Kesejahteraan Perangkat Desa Masih Memprihatinkan 

0
40

KENDAL – Seribuan perangkat desa yang tergabung di Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Kendal, berangkat ke Jakarta, Selasa (24/01/23). Mereka akan bergabung dengan perangkat desa se-Indonesia dan akan menggelar aksi demonstrasi di halaman Gedung DPR RI, Rabu (25/01/23). Rombongan PPDI Kabupaten Kendal berangkat menggunakan 24 bus dan di lepas, Wakil Bupati Kendal, H Windu Suko Basuki di halaman Stadion Utama Kebondalem.

Kasi Kesejahteraan Desa Brangsong yang juga Ketua rombongan, Jayuri mengatakan, kehadiran anggota PPDI Kabupaten Kendal ke Jakarta bersama ribuan perangkat desa lain se-Indonesia untuk memperjuangkan d rumah tuntutan diantaranya kenaikan Siltap, legalitas kepegawaian berupa nomor induk perangkat, gaji 13 dan14.

Selain itu lanjut Jayuri, pihaknya juga meminta revisi Pasal 100 Ayat (1) huruf b Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2019 tentang perubahan kedua atas PP 43 Tahun 2014, yang semua paling banyak 30% dari jumlah Anggaran Belanja Desa untuk mendanai siltap dan tunjangan Kepala Desa, Sekretaris Desa dan perangkat desa lainnya. Dijelaskan, tunjangan Permusyawaratan Desa diubah menjadi paling banyak 30 % dari Anggaran Belanja Desa untuk mendanai penghasilan Tetap dan tunjangan Kepala Desa, Sekretaris Desa dan Perangkat desa lainnya dan opersional. PPDI mengusulkan adanya tunjangan yang terdiri dari Tunjangan Jabatan, Tunjangan Istri/suami, Tunjangan Anak dan Tunjangan Beras.”Semua itu penting dalam rangka menguatkan kedudukan Perangkat Desa sebagai bagian dari penyelenggara Pemerintahan, dan pentingnya administrasi Pemerintahan Desa, kepada Pemerintah agar mendesak segera menyetujui tuntutan kami,” katanya.

Ditambahkan, PPDI secara tegas menolak masa jabatan Perangkat Desa sama dengan masa jabatan Kepala Desa, dan tetap mempertahankan masa jabatan Perangkat Desa sampai dengan usia 60 tahun dan tetap mempertahankan peran/rekomendasi Camat dalamp engangkatan dan pemberhentian Perangkat Desa.

Wabup Kendal, H Windu Suko Basuki menyampaikan selamat mengikuti Silatnas ke-3 PPDI se- Indonesia. Pihaknya berpesan agar para perangkat menjaga keselamatan masing-masing dan menjaga nama baik Kabupaten Kendal.”Selamat saat berangkat hingga pulang dan qobul maksud dan tujuannya,” katanya.

Menurut Wabup, selama ini tingkat kesejahteraan perangkat desa masih minimal dan cukup mmemprihatinkan. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here