Kospin Kuncup Melati Luar Biasa, Modal Berdiri Hanya Rp 80 Juta, Kini Asetnya Rp 58,2 M

0
102

KENDAL – Kospin Kuncup Melati menggelar jalan sehat berhadiah dan bakti sosial untuk memeriahkan dua dekade, berdirinya koperasi yang bergerak di bidang jasa keuangan tersebut, Minggu (15/01/23). Kegiatan yang dipusatkan di Jalan Mekarsari Desa Penyangkringan Weleri ini juga dimeriahkan pertunjukan seni Barongan Singo Barong dan sebagai wujud syukur atas karunia yang diberikan Allah SWT terhadap Kospin Kuncup Melati selama 20 tahun terakhir.

Ketua Kospin Kuncup Melati, H Taufik Husein mengatakan sangat bersyukur karena Kospin Kuncup Melati saat ini sudah berusia 20 tahun. Dikatakan, saat awal berdiri modal koperasi hanya Rp 80 juta dan setelah 20 tahun berlalu kini asetnya mencapai Rp 58,2 M.”Ini anugerah luar biasa yang wajib kami syukuri, tidak hanya dengan kata-kata tapi juga dengan bukti nyata untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” katanya.

Menurut Taufik, ini merupakan kegiatan jalan santai dan baksos berhadiah ini merupakan kegiatan terbesar yang diselenggarakan Kospin Kuncup Melati. Kegiatan ini juga untuk memanasi koperasi menjelang dilaksanakannya Rapat Anggota Tahunan (RAT).”Kami beryukur mendapat penghargaan dari Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal dengan skor 74 itu artinya Kospin Kuncup Melati, sehat,” katanya.

Dijelaskan, ke depan pihaknya ingin peranan Kospin Kuncup Melati lebih nyata lagi dalam menjembatani warga yang membutuhkan modal usaha melalui.”Kami juga menggandeng beberapa organisasi seperti Kadin, Gapensi dan sejumlah organisasi lain dalam pengembangan usaha. Sehingga kalau ada kredit macet bisa saling mengingatkan,” terangnya.

Pihaknya menghimbau masyarakat yang kelebihan uang untuk bisa menabung atau deposito di Koperasi Kuncup Melati sehingga uangnya bisa dimanfaatkan untuk membantu pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya.”Peran kami sebagian mediasi orang punya uang dan tidak punya uang, agar bisa saling membantu,” jelasnya.

Ditegaskan, tahun ini pihaknya akan membangun kantor pusat Kospin Kuncup Melati diatas lahan seluas 1000 meter di Jalan Mekarsari Penyangkringan Weleri.”InshaAllah tahun ini akan dimulai groundbreaking,” ujarnya.

Ditambahkan, dalam jalan sehat ini panitia juga menyiapkan sejumlah hadiah menarik yang merupakan sumbangan dari para anggota berupa sepeda motor, mesin cuci kulkas dan lainya semua dari anggota.”Saat ini total nasabah 110 orang dan calon nasabah 435,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay mengucapkan terimakasih dan menyambut baik atas terselenggaranya kegiatan ini. Dikatakan, milad ke-20 Kospin Kuncup Melati ini sebuah prestasi yang luar biasa.”Tidak banyak koperasi yang mampu bertahan sampai 20 tahun. Tapi Kospin Kuncup Melati sudah 20 tahun membantu pemerintah daerah dalam memberikan bantuan keuangan ke mmasyaraka untuk pengembangan usaha,” katanya.

Dijelaskan, sebagian besar nasabah Kospin Kuncup Melati merupakan pedagang pasar Weleri, namun adanya musibah kebakaran membuat prestasinya agak menurun.”Namun secara keseluruhan Kospin Kuncup Melati bagus dan sehat,” jelasnya.

Ditambahkan, dengan akan segera di bangunannya kembali Pasar Weleri diharapkan kedepan Kospin Kuncup Melati akan semakin baik lagi.”Kami juga menghimbau agar seluruh koperasi yang ada di Kendal untuk terus berpartisipasi dan memberikan manfaat yang sebesar besarnya bagi masyarakat,” harapnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here