Mendag Pastikan stok Sembako Aman, Tidak Ada Lonjakan Harga Signifikan

0
10

KENDAL – Menteri Perdagangan (Mendag) RI, Zulkifli Hasan melakukan pemantauan sejumlah harga sembako di Pasar Sukorejo, Kendal, Kamis (29/12/22).

Setelah nerbicanh dan menanyakan harga ke sejumlah pedagang, Mendag menjamin ketersediaan bahan pokok dan memastikan tidak ada kenaikan yang signifikan.“Harga sembako di Pasar Sukorejo masih sesuai HET. Harga beras juga stabil dan aman. Saya pastikan semua kebutuhan pokok stabil dan ketersediaannya juga ada, jadi tidak perlu khawatir kelangkaan stok,” terang Zulkifli Hasan.

Menurut Mendag, tingkat inflasi relatif terkendali menjelang Natal dan tahun baru. Inflasi umum tercatat melandai dari 5,71 persen pada Oktober menjadi 5,42 persen pada November. “Alhmadulilah semua harga barang kebutuhan pokok, murah dan aman,” ujarnya.

Dirinya meminta pemerintah daerah turun tangan jika terjadi kenaikan harga pangan lebih dari lima persen dari harga acuan di wilayahnya. Intervensi itu dilakukan melalui subsidi biaya transportasi angkut maupun subsidi harga.Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki mengatakan harga kebutuhan pokok masyarakat stabil hingga pergantian tahun 2023 besok. Dinas perdagangan Kendal selalu memantau dengan intens harga yang terjadi di lapangan. Terlebih tingkat inflasi relatif terkendali menjelang Natal dan tahun baru.“Hingga di akhir tahun 2022 dan pergantian tahun 2023 nanti tidak ada lonjakan-lonjakan harga kebutuhan pokok masyarakat. Semua aman dan stabil serta tercukupi,” kata Wabup.

Inayah salah seorang pedagang mengaku sering kekurangan stok minyak goreng lantaran tingginya permintaan pembeli. Hampir setiap hari selalu kehabisan begitu stok ada. “Ini saja dapat kemarin sore, alhamdulilah langsung habis,” ujar warga Tlangu Sukorejo ini.

Zulhas sapaan akrab Mendag juga sempat memborong puluhan botol minyak goreng, tempe, beras lalu dibagi-bagikan ke masyarakat yang hendak belanja di Pasar Sukorejo. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here