Peringati Hari Ibu, Pemkab Kendal Bagikan Sembako Hingga Premi BPJS Ketenagakerjaan Gratis Setahun

0
12

KENDAL – Sejumlah korban KDRT, petugas kebersihan dan ASN perempuan yang memasuki usia pensiun di tahun 2023 menerima bantuan mulai dari paket sembako hingga gratis premi BPJS Ketenagakerjaan selama setahun. Kegiatan itu dilakukan

Pemerintah Kabupaten Kendal dalam Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022 dengan tema, “Perempuan Terlindungi, Perempuan Berdaya” di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Kamis (22/12/2022).

Ketua TP PKK Kendal, Wynne Frederica mengatakan, kekerasan dalam rumah tangga yang dilakukan suami, istri, maupun anak, yang mengakibatkan timbulnya luka fisik, psikis, dan keharmonisan hubungan.

Dijelaskan, yang dimaksud kekerasan fisik dapat mengakibatkan rasa sakit, luka-luka, dan membuat korbannya nggak berdaya bahkan bisa meninggal dunia.

Untuk kekerasan psikis bisa mengakibatkan rasa takut, trauma, depresi, nggak berdaya, dan hilangnya rasa percaya diri.“Mengucapkan kata-kata kasar, menghina, memaksa, dan atau mengancam. Meski nggak terlihat secara fisik, tapi kekerasan psikis bisa sampai membuat korbannya mengalami gangguan psikologis kepada korban,” tandas Chacha.

Wabup Kendal, Windu Suko Basuki dalam sambutannya mengatakan, momentum hari ibu menjadi kesempatan bagi semua untuk menghargai dan menghormati peran ibu dalam kehidupan sehari-hari.“Peran ibu, sangat besar dalam kinerja suami, dan juga mengantarkan karier para suaminya. Sehingga harus saling menghargai. Dengan momentum Hari Ibu ke-94 ini, angka perceraian di Kabupaten Kendal menjadi turun,” tandasnya.

Plt Kepala DP2KBP2PA Kendal, Giri KKusum mengatakan momen Hari Ibu 2022, pihaknya mendorong kepada perempuan, untuk menolak segala bentuk kekerasan, tidak menerima terjadinya tindak kekerasan dan melaporkan tindak kekerasan yang dialaminya, kepada pihak berwenang.

Menurut Giri, rangkaian peringatan Hari Ibu 2022 di Kendal, digelar berbagai kegiatan. Diantaranya pemberian Anugerah juara 1 lomba Gender Champion bidang Ekomomi tingkat Jawa Tengah, Masruroh dari Desa Tambaksari, Kecamatan Rowosari. Seminar dengan ibu-ibu TP PKK, senam massal bersama gerakan organisasi wanita (GOW).

“Sedangkan untuk hari ini, digelar seminar luring dan daring, pemberian santunan kepada tenaga kebersihan, pemberian santunan kepada korban kekerasan dan ziarah ke taman makam pahlawan Kusuma Jati Kendal,” bebernya.

Acara dihadiri Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki, Forkopimda Kendal juga didampingi istri masing-masing dan Ketua TP PKK Kendal, Wynne Frederica Dico M Ganinduto.(AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here