Cari Bibit Atlet, Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup Terus Dilestarikan

0
11

KENDAL – Kejuaraan Dewan Cup X sebagai wujud terus dilestarikan ajang bergengsi tiga tahunan ini, sekaligus mencari bibit atlet dan nguru-nguri budaya peninggalan nenek moyang. Hal tersebut disampaikan Sulistyo Aribowo selaku Ketua Panitia Kejuaraan Dewan Cup X, saat pembukaan kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup X, Selasa (20/12/22).

Ari mengatakan, kejuaraan diikuti 379 pesilat dari 17 ranting PSHT yang tersebar di 20 kecamatan di Kabupaten Kendal.”Ajang ini digelar 3 hari sejak Senin 19 Desember kemarin sampai Rabu, 21 Desember 2022,” katanya.

Kejuaraan ini merupakan sarana untuk saling bersilaturahim antar ranting dan ajang untuk mencari bibit-bibit berprestasi. Pencarian bibit berprestasi diwujudkan dalam kejuaraan ini dengan menerapkan kategori usia dini, pra remaja dan remaja.”Kita fokus dalam 3 kategori tersebut dalam rangka mencari bibit-bibit baru. Ajang silaturahim, sekaligus nguri-uri budaya luhur warisan nenek moyang Kendal,” jelas dia.

Menurut Aribowo, dengan kejuaraan ini PSHT Cabang Kendal bisa menjadi sebuah wadah untuk menggodok para atlet pencak silat di Kendal agar bisa exsis disetiap kejuaraan dan menjadikannya sebagai atlet yang memiliki jiwa berbudi luhur, tahu mana yang benar dan mana yang salah. Sekda Kendal Sugiono menyampaikan, Pemkab Kendal sangat mendukung digelarnya kejuaraan pencak silat ini.

Menurutnya, dengan ajang seperti ini dapat menguatkan fisik pesilat, melatih jasmani dan menjadikan pesilat lebih berkarakter. Karena, di pencak silat ditanamkan budi pekerti luhur dan nilai-nilai perjuangan Pahlawan.

Sekda meminta semua peserta menjunjung tinggi sportifitas selama kejuaraan dewan cup berlangsung.”Ada usia dini, pra remaja dan remaja yang ditandingkan, ini tentu sangat bagus sebagai ajang mencari bibit-bibit baru yang berprestasi,” katanya.

Ketua PSHT Cabang Kendal, Supriyadi mengatakan Kendal memiliki 6.000 warga dan telah berusia puluhan tahun menggelar sebuah pesta akbar dalam meraih prestasi. Pesta ini dilakukan dengan menggelar Kejuaraan Pencak Silat Dewan Cup X di GOR Bahurekso Kendal.

Menurut Supriyadi ajang Dewan Cup ini merupakan pesta akbar bagi PSHT Kendal. Dijelaskan, ajang seperti ini pertama kali digelar tahun 1992 dan selanjutnya rutin digelar 3 tahun sekali.”Saat ini PSHT memiliki 4 atlet tingkat nasional, dalam mengarungi ajang Porprov Jateng menargetkan dapat meraih 2 medali emas,” targetnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here