Dispendukcapil Kendal Tak Lelah Ajak Anak Miliki SiKIAN

0
16

KENDAL – Dispendukcapil Kabupaten Kendal menggelar launching Layanan Aplikasi Kartu Identitas Anak (SiKIAN). Launching ini sebagai upaya inovasi alternatif paska diputusnya Sistem Administrasi Kependudukan (SIAK). Kegiatan yang dilaksanakan di obyek wisata Tirto Arum Baru, dimeriahkan lomba mewarnai oleh anak-anak PAUD se-eks Kawedanan Kendal, Sabtu (17/12/22).

Selain memberikan layanan administrasi kependudukan bagi anak, pihak Dispendukcapil juga memberikan SiKIAN yang diberikan secara simbolis oleh Bupati Kendal, Dico M Ganinduto kepada anak- anak yang hadir bersama orangtuanya ini.

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kendal, Ratna Mustika Ningsih SE MM mengatakan, semua anak Indonesia tidak hanya cukup terdaftar di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil saja, tapi semua harus mempunyai identitas kependudukan.“Target Dispendukcapil Kabupaten Kendal, saat ini sebesar 40 persen dari anak- anak yang terdaftar di Kantor Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kabupaten Kendal,”kata Naning sapaan akrabnya.

Menurut Naning, saat ini target sudah terlampui yakni mencapai 43 persen. Meski demikian, pihaknya akan terus melakukan pelayanan agar anak- anak bisa mendapatkan kartu identitas kependudukan.

Dikatakan, informasi untuk mendapatkan SiKIAN, sebetulnya sudah disosialisasikan beberapa bulan terakhir dan terus dilakukan dan tingkatkan agar cakupan kartu identitas anak meningkat. Naning menjelaskan, nomor induk anak ini sangat penting karena digunakan sampai anak berusia 17 tahun, dan kemudian baru diganti KTP dengan nomor yang sama.“Hingga saat ini, sudah terdaftar sebanyak 644 anak dan telah kami cetakan KTP dan kartu identitasnya,”ucap Naning.

Diharapkan, semua penduduk bisa terdata di Dispendukcapil agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari. Untuk itu, pihaknya terus melakukan sosialisasi baik melalui medsos, web, kerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kendal, jemput bola serta kolaborasi dengan sejumlah pihak, agar pendataan penduduk ini bisa tuntas.”SiKIAN sangat penting bagi anak, selain sebagai kartu Identitas, juga sebagai perlindungan hukum, mendapatkan fasilitas sosial hingga diskon masuk obyek wisata Tirto Arum Baru, karena kami sudah kerja sama,” katanya.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang hadir bersama istri Chacha Frederica mengatakan, program pemberian kartu identitas anak ini mudah- mudahan bisa menjadi salah satu program pemerintah pusat melalui kabupaten.“Kami berharap, pemerintah pusat bisa memberikan identitas kepada anak- anak dan mudah- mudahan bisa dimanfaatkan dengan baik, yang tujuannya tentu untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya yang ada di Kabupaten Kendal,” harap Bupati .

Dico titip pesan kepada para ibu, apa yang menjadi bakat dan minat anak- anak untuk bisa mendukungnya, karena sekarang pemerintah fokus bagaimana peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDA), harus dimulai dari putra-putri sejak usia dini.”Mati bersama mewujudkan generasi penerus bangsa yang berkualitas dan berbudi luhur,” ajaknya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here