Festival Panahan Kendal, Dibanjiri Peserta Luar Kota

0
45

KENDAL – Festival Panahan Kabupaten Kendal 2022 kerja sama antara Cabang Olahraga (Cabor) Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Kendal dibanjiri pesta dari luar daerah. Festival ini sebagai titik awal kembali bergeliatnya Cabor Perpani Kabupaten Kendal karena sudah sekian lama vakum. Anggota DPRD Kendal yang juga Ketua Perpani Kabupaten Kendal, Sulistyo Aribowo kembali membangkitkan cabang olahraga (Cabor) panahan di Kendal, setelah sekian lama cabor vakum.” Kegiatan ini semoga mampu mendorong agar atlet-atlet Perpani Kabupaten Kendal kembali bisa mendulang prestasi,” ujar politisi PKS ini, Minggu (13/11/2022).

Dikatakan, olahraga panahan merupakan sunah bagi umat muslim.”Jadi kita terus mendorong mereka agar tak hanya mendapatkan sunahnya saja tapi juga bisa berprestasi,” kata Sulistyo Aribowo.

Menurut Aribowo, Festival Panahan kali ini digelar selama dua hari sejak Sabtu hingga Minggu 12-13 November 2022. Di hari pertama, kegiatan diisi dengan pelatihan pelatih panahan untuk pelatih tingkat pelajar mulai SD, SMP dan SMA.

Diharapkan, dengan pelatihan pelatih ini dapat mengoptimalkan peran pelatih di sekolah-sekolah, karena saat ini banyak sekolahan yang telah memiliki alat-alat bermain panahan tapi belum bisa optimal dalam prestasinya.

Dijelaskan, dalam festival panahan juga digelar sebuah turnamen dengan berbagai kategori, diantaranya kategori U-10, U-12, U-15 dan U-18. Selain itu ada juga kategori umum dengan peserta dari berbagai daerah di Pulau Jawa.”Total pesertanya mencapai 400an. Mereka berasal dari Jateng, Jatim, DIY, Jabar dan DKI Jakarta,” ungkapnya.

Diakui, Perpani Kendal di ajang Porprov Jateng kemarin ikut ambil bagian dengan mengirimkan 5 atletnya. Dari sejumlah atlet yang dikirim ke Porprov, ada 1 atlet yang berhasil lolos.Ketua KONI Kendal, Subur Isnadi mengaku sangat mengapresiasi gebrakan Perpani Kendal yang dipimpin Sulistyo.

Ditambahkan, dengan digelarnya festival panahan dapat menggali atlet-atlet muda unggul di Kendal, sehingga bisa ikut tampil di even-even tingkat nasional.

Kepala Disporapar Kendal, Ircham Chalid mengatakan bahwa pihaknya sangat mendukung digelarnya Festival Panahan oleh Perpani Kendal. Dukungan yang diberikan merupakan wujud sinergitas Pemerintah Kabupaten Kendal dengan setiap cabor.”Kita sediakan anggaran untuk kegiatan Festival Panahan ini, karena kita mendukung munculnya bibit atlet muda di cabor panahan ini,” kata Ircham Chalid.

Muhammad Zaki Hidayatullah (12), salah seorang peserta yang ikut dalam kategori U-12 mengaku sangat senang bisa mengikuti festival panahan ini.”Saya sudah melakukan latihan dan persiapan dengan latihan setiap hari seusai pulang sekolah. Semoga nanti bisa dapat juara,” kata Zaki. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here