Kasus Covid-19 Naik, Masyarakat Diminta Kembali Patuh Proses

0
17

KENDAL – Kasus Covid-19 kembali naik, untuk itu masyarakat diminta kembali taat melaksanakan protokol kesehatan (Prokes). Hal tersebut disampaikan Plt Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Parno usai mengikuti apel Hari Kesehatan Nasional di Alun-Alun Kendal, Sabtu (12/11/22).

Parno mengatakan saat ini terjadi peningkatan kasus Covid-19, untuk itu masyarakat dihimbau taat proked dan yang belum vaksin bosster agar segera vaksin.”Kami menyediakan vaksin gratis di tiap Puskesmas,” katanya.

Dikatakan, vaksin kepada masyarakat hingga saat ini juga sudah lengkap. Vaksin I sudah mencapai 90%, vaksin II mencapai 80% dan yang Booster mencapai 30%. Dengan kondisi demikian, lanjut Gus Parno, kondisi kekebalan masyarakat sudah kuat dan Kabupaten Kendal dinilai akan aman dari Covid-19.”Walaupun terjadi peningkatan kasus namun masyarakat diminta tidak panik namun tetap prokes,” jelasnya.

Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto memberikan apresiasi yang tinggi kepada para tenaga kesehatan (Nakes) yang dengan kesigapan dalam kinerjanya berhasil melewati pandemi Covid-19. “Kesigapan, kecepatan nakes kita saat pandemi cukup baik,” kata Dico M Ganinduto.

Meski demikian, dia tak menampik jika hingga saat ini masih ada masalah-masalah yang mendasar di desa-desa terkait kesehatan. Menurutnya, jika masalah tersebut tidak segera ditangani bisa menjadi sebuah permasalahn pada jangka panjang dan pada pengembangan sumber daya manusia (SDM).”Masalah-masalah kecil ini yang akan kita perbaiki masa mendatang. Jangan bicara yang besar dulu tapi yang kecil dulu dimana masyarakat memerlukan sosialisasi dan informasi. Ini yang harus diperkuat Puskesmas-puskesmas yang ada di Kendal,” ujar dia.

Dico berharap, dengan digelarnya peringatan hari kesehatan ini bisa menjadi pemicu untuk memotivasi para nakes di Kendal agar terus berinovasi dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat.

Terkait dengan melonjaknya kasus Covid-19 di Kendal, bupati mengaku hal itu benar adanya. Tren kenaikan Covid-19 yang terjadi di Kendal, kata dia, juga terjadi di tingkat nasional.”Kasus di Kendal yang terpapar banyak sekali. Tapi mereka hanya bergejala ringan saja, sehingga tak harus menjalani perawatan di rumah sakit. Insya Allah ini bisa kita antisipasi,” ungkapnya.

Dico menambahkan, untuk mengantisipasi terjadinya kasus positif, masyarakat diminta untuk waspada dengan tetap menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan.”Kita sudah berhasil menghadapi ganasnya pandemi. Semoga ini bisa kita antisipasi sedini mungkin,” tegasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here