Warga Lanji Kerja Bakti Timbun Tanggul Amblas, Minta PSDA Perbaiki Permanen

0
158

KENDAL – Warga Dukuh Karangturi Desa Lanji Kecamatan Patebon menggelar kerja bakti menimbun tanggul Kali Bodri yang amblas sepanjang 40 M, lebar 11 M dan sedalam 3 M dengan campuran pasir tanah dan batu yang dimasukan dalam karung, Minggu (30/10/22). Sekitar 100 warga dari RW 1, 3 dan 4 bergantian menimbun tanah amblas.

Salah satu warga yang ikut kerja bakti Masruri mengatakan kerja bakti itu dilakukan untuk meminimalisir dampak air masuk ke kampung saat terjadi air pasang di Kali Bodri. Dikatakan, pada Kamis lalu saat debit Kali Bodri naik, air sempat merembes ke gang-gang sehingga membuat warga resah dan takut.”Untuk itu hari ini kami kerja bakti meminimalisir kejadian serupa,” katanya.

Sekdes Lanji, Yuni Suprihatiningsih mengatakan kerja bakti ini juga didukung karung PSDA dan PUPR sebanyak 400 kandi dan 100 kandi yang tanah batu dari iuran warga.”Kerja bakti ini hanya penangan darurat dari warga saja. Untuk itu diharapkan PSDA Provinsi dan Balai Besar bisa turun langsung ke lapangan untuk melakukan perbaikan secara permanen,” katanya.

Ditambahkan, permintaan warga terkait dengan tanggul yang amblas untuk bisa di prioritaskan tanggul utama yang sudah retak dan ambles sedalam 1 M.”Kami juga sudah bersurat yang ditujukan ke Balai Besar dan PUSDATARU Provinsi Jateng lewat Kepala Koordinator Kelompok Lapangan Bodri (Korpokla Bodri),” katanya.

Keterangan Foto: Warga Desa Lanji bahu membahu kerja bakti menutup tanggul yang amblas.

Kasi Trantib Kecamatan Patebon yang juga PJ Desa Kebonharjo, Agustinus Teguh Imanto didampingi Babinsa dan Babinkamtibmas ikut memantau kerja bakti tersebut. Dikatakan kerja bakti ini sangat penting untuk melakukan penguatan talud yang amblas dan sempat bocor.

Dikatakan, kerja bakti ini sifatnya hanya penanganan darurat dan apaadanya.”Untuk itu kami meminta pihak yang berwenang turun tangan mengatasi tanggul amblas ini secara permanen, sebelum terjadi hal-hql yang tidak diinginkan,” harapnya.

Ditambahkan, atas nama Pemerintahan Kecamatan Patebon mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada warga dukuh Karangturi desa lanji Kecamatan Patebon yang melaksanakan kerja bakti ini wujud kepedulian warga terhadap bahaya bencana alam khususnya bencana banjir di Sungai Bodri dengan memperkuat talud yang kritis sepanjang 40 M dengan kedalam 3 M. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here