Optimalkan Kinerja DPRD Kendal, Sekwan Gagas Suara Mas

0
36

KENDAL – DPRD Kendal sebagai wakil rakyat sehingga keberadaannya merupakan representasi suara rakyat di Kabupaten Kendal. Salah satu peran dan kinerja anggota dewan yaitu menyerap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sehingga akan muncul kepercayaan dan sinergitas antara masyarakat dengan pemerintah melalui DPRD Kendal.

Didasari pemikiran tersebut Sekretaris DPRD Kabupaten Kendal, Anwar Haryono SSos, menggagas sebuah proyek perubahan terkait tata kelola penyerapan aspirasi masyarakat yang diberi nama Suara Mas. Hal tersebut disampaikannya di depan para Kepala Bagian dan staf-stafnya saat menggelar Rapat Pembentukan Tim Efektif di Sekretariat DPRD pada 13 September 2022. Rapat tersebut digelar di sela-sela ia menjalani Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, Kamis (20/10/22).

Di depan jajarannya Anwar menyampaikan salah satu tugas utama aparatur di Sekretariat DPRD adalah melayani dan membantu anggota dewan dalam berkinerja. “Dalam hal ini kita harus memperbaiki mekanisme pengelolaan dan saluran aspirasi masyarakat dengan memanfaatkan sarana yang ada,” katanya.

Disampaikan, ia sedang menggagas sebuah proyek perubahan untuk melengkapi diklat yang dijalaninya bertema “Strategi Optimalisasi Penyerapan Aspirasi Masyarakat melalui Suara Mas dalam mendukung penguatan kinerja DPRD di Kabupaten Kendal yang akan mengkolaborasikan penyerapan aspirasi melalui reses dan di luar reses, dengan memanfaatkan teknologi untuk memudahkan masyarakat menyampaikan aspirasi dan memantaunya.“Saya minta saudara semua dapat berperan aktif sebagai Tim Efektif dan berkomitmen dalam mensukseskan proyek perubahan ini. Karena kesuksesan kerja anda semua akan berpengaruh pada kinerja bapak ibu anggota dewan,” terangnya.

Dijelaskan, selama ini penyerapan aspirasi dilaksanakan melalui mekanisme reses masa sidang dewan. Selain itu ada kanal aspirasi yang disediakan melalui website dan media sosial namun sangat jarang dimanfaatkan oleh masyarakat, karena tidak popular dan banyak yang tidak mengetahui.

Salah satu warga Kendal, Robison mengaku sangat mendukung proyek yang digagas Setwan Kendal. Dikatakan, kalau program ini sudah berjalan masyarakat akan lebih mudah menyampaikan aspirasinya.Ini terobosan yang positif dan mempermudah masyarakat dalam menyampaikan aspirasinya. Semoga gagasan ini segera terwujud dan diterapkan,” harapnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here