Lapas Terbuka Kendal Pastikan Kualitas Makanan WBP Sesuai SOP

0
35

KENDAL – Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal memastikan makanana bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP). Mulai dari proses penerimaan bahan makanan yang diterima dari pemborong bahan makanan oleh petugas pengamanan pintu utama (P2U), didampingi staf perawatan di pos P2U kemudian di timbang. Selanjutnya proses pengolahan juga harus sesuai menu sepuluh hari ke depan dan takaran gizi yaitu 2.310 kalori per orang per hari yang telah ditetapkan oleh Direktorat Jendral Pemasyarakatan (Ditjen Pas).

Hal tersebut disampaikan Kasi Binadik dan Giatja, Jonet Darmawan Adi, Sabtu (24/09/22). Dikatakan, bahan makanan yang diterima WBP untuk menu sepuluh hari ke depan, yakni Beras (0,350 kg/orang), Ubi/Ketela (0,150 kg/orang), Daging Sapi (0,035 kg/orang), Ayam Ras/Broiler (0,100 kg/orang), Telur Ayam (1 butir/orang), Kelapa Daging (0,030 kg/orang), Sayuran Segar (0,300 kg/orang, Buah-buahan (1 buah/orang), Gula Pasir (0,013 kg/orang), Bumbu Segar (0,030 kg/orang), Racikan Sambal (0,010 kg/orang), Garam Dapur (0,012 kg/orang), Tahu (0,110 kg/orang), Tempe (0,050 kg/orang), Kacang-kacangan (0,020 kg/orang), Kacang Hijau (0,020 kg/orang), Ikan Segar (0,083 kg/orang), Ikan Kering (0,040 kg/orang), Minyak Goreng (0,105 kg/orang), Gula Kelapa/Aren (0,065 kg/orang), Kecap (12 cc/orang), Gas (0,175 kg/orang), Air Minum (2 L/orang).

Jonet menjelaskan, bahan makanan yang telah diterima selanjutnya diolah setiap harinya untuk makan pagi, siang, dan malam oleh WBP yang mendapat jadwal tugas memasak di dapur dengan pengawasan oleh Kasubsi Perawatan maupun staf.”Bahan makanan harus dikelola dengan baik mulai dari penerimaan hingga standar gizi yang telah ditentukan ditjen pas, agar hak wbp terpenuhi,” jelasnya.

Menurut Jonet, makanan yang selesai diolah, selanjutnya dilakukan serah terima ransum dari staf perawatan kepada regu pengamanan disertai dengan Berita Acara Serah Terima Ransum WBP.”Kemudian elanjutnya dilakukan pendistribusian kepada WBP di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal,” imbuhnya.

Salah satu WBP yang berinisial RS mengaku, makanan di Lapas Terbuka Kelas IIB Kendal sangat baik. Mulai dari nasi hingga lauknya sangat layak.”Sudah seperti di rumah makan, nasinya putih bersih, makanannya pun enak ada buahnya beserta sayur, pokoknya mantap,” ungkap RS. (AU/01).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here