Petugas Kesehatan RSUD dr H Soewondo Kendal Harus Paham EWS

0
166

KENDAL – Petugas rumah sakit RSUD dr H Soewondo Kendal harus paham Early Warning Score System (EWS) sehingga akan cepat dan tanggap memberikan pertolongan ke pasien yang kondisinya tiba-tiba berubah menjadi tidak baik. Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD dr H Soewondo, dr Saikhu MKes saat acara In House Training EWS yang diselenggarakan RSUD dr H Soewondo, Sabtu (10/09/22).”Kegiatan ini untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pasien, yang tiba-tiba terjadi perubahan kondisi dari sebelumnya baik tiba-tiba berubah menjadi kurang baik,” ujar dr Saikhu.

Menurutnya, kondisi pasien itu selalu dinamis karena dipengaruhi banyak faktor, kadang tiba-tiba muncul nyeri dandan ganguan lain sehingga semua petugas yang bersentuhan langsung dengan pasien harus memahami kondisi ituitu.”Jika terjadi seperti itu, petugas apapun harus segera melakukan penyelamatan dan mengambil tindakan,” tegasnya.

Dikatakan, selama ini belum pernah ada kasus keterlambatan dalam menangani pasien yang tiba-tiba mengalami perubahan kondisi.”Kalau ada pasien yang tiba-tiba mengalami perubahan kondisi langsung diambil tindakan kegawatan darurat. Semua dilakukan dalam rangka meningkatkan pelayanan ke masyarakat,” tegasnya.

Humas RSUD dr H Soewondo Kendal, SulSKeio SKep NS mengatakan acara in house training menghadirkan tiga nara sumber yaitu dr Ridzky Hastanus SpAn, dr Nur Zarit Aya Sofia, SpOG dan Yudi S,kep, Ns.”Untuk kegiatan dilaksanakan secara bertahap diikuti semua petugas yang bersentuhan dengan pasien,” katanya.

Salah satu narasumber, dr Ridzky Hastanus SpAn mengatakan dalam peraturan Menteri Kesehatan tanggal 01 Maret 2012 disebutkan paradigma standar akreditasi baru yang diaplikasikan dalam pelayanan kesehatan yaitu fokus pada pasien nyeri yang paling banyak dialami pasien.”Pasien yang mengalami nyeri kalau tidak segera ditangani dengan cepat maka dapat menimbulkan dampak fisiologis dan psikologis bahkan soaial,” ujarnya.

Dikatakan, pelatihan in house training tentang EWS ini sangatlah penting karena bersangkutan dengan nyawa pasien yang harus segera mendapatkan penanganan kegawat daruratan. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini