Inovasi Drive Thru Kepala ATR/BPN Kendal Dapat Penghargaan Menteri ATR/BPN RI

0
68

KENDAL – Inovasi drive thru oleh Kepala Kantor ATR/BPN Kabupaten Kendal mendapatkan apresiasi dan penghargaan dari Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto. Bahkan, Kepala Kantor ATR BPN Kendal, Drs Agung Taufik Hidayat MM diminta untuk presentasi dihadapan seluruh Kepala Kantor ATR/BPN, Kakanwil dan pejabat teras Kementerian ATR/BPN RI di Jakarta pekan lalu.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor ATR/BPN Kendal, Agung Taufik Hidayat kepada wartawan di Kantornya, Senin (01/08/22).”Paska kunjungan Menteri ATR/BPN pada
5 Juli lalu Kementerian ATR/BPN meminta kami paparan di hadapan seluruh Kepala Kantor ATR/BPN, Kakanwil, dandan pejabat teras Kementerian ATR/BPN di Jakarta,” jelasnya.

Dikatakan, inovasi layanan drive thru ini sebenarnya berawal dari ide sederhana di MacDonald. Ide itu dimodifikasi  dan dipadukan dengan aplikasinya layanan Loketku.”Disini masyarakat harus punya akun bisa upload persyaratan pengurusan tanah seperti Roya atau peningkatan hak serta balik nama,” jelasnya.

Keterangan Foto: Kepala Kantor ATR/BPN Kendal, Drs Agung Taufik Hidayat MM dan jajaran menunjukkan Penghargaan dari Kementerian ATR/BPN RI.

Menurut Agung, layanan drive thru ini akan memudahkan masyarakat dalam pengurusan tanah serta mengurangi antrean serta bisa dilakukan di rumah.”Namun saat pengambilan produk berupa sertifikat harus di ambil di Kantor ATR/BPN, namun bisa menggunakan aplikasi drive thru dan sebelumnya harus janjian dulu kapan waktu pengambilan dengan jadwal kesanggupan pemohon,” jelasnya.

Sejak diberlakukan 2021 lalu layanan Loketku di Kantor ATR/BPN Kendal sudah menerima 2179 permohonan per 26 Juli dengan kata lain rata perhari 200 permohonan.”Padahal permohonan di Loket kantor hanya 20-30 permohonan perhari. Sehingga layanan Loketku dan drive thru ini lebih efesien,” ujarnya.

Pelayanan yang mudah cepat efisien, juga bisa dilakukan mitra Kantor ATR/BPN yaitu para PPAT.”Bahkan Kementerian ATR/BPN sekarang mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor: 14/SE-HK.02/VII/2022 tentang Layanan Prioritas Pelayanan Pertanahan Dan Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan (Pelantaran). Alhamdulillah Layanan Drive Thru akan diterapkan di Kantor ATR/BPN seluruh Indonesia,” tegasnya.

Agung menambahkan, sebagai bentuk penghargaan Kementerian ATR/BPN juga mendaftarkan 21 Kantor ATR/BPN di seluruh Indonesia mendapatkan penghargaan wilayah bebas korupsi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), salah satunya Kantor ATR/BPN Kendal.

Sebelumnya Menteri ATR/BPN, Hadi Tjahjanto sangaysangat mengapresiasi inovasi ini meminta diterapkan di 514 Kantor ATR/BPN di seluruh Indonesia. Hal tersebut disampaikan Hadi Tjahjanto saat kunjungan kerja di Kantor ATR/BPN Kabupaten Kendal, Selasa (05/07/22).”Ini inovasi yang positif, saya menyaksikan langsung penerapannya dan membutuhkan waktu yang relatif cepat. Inovasi ini akan diterapkan di seluruh Kantor ATR/BPN di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurut Hadi Tjahjanto, sistem drive thru ini baik dan mudah serta mempercepat pelayanan  peningkatan status dan roya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here