Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal Targetkan Laba Rp 11 M

0
140

KENDAL – Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal targetkqn laba sebesar Rp 11 Milliar di tahun 2022 ini. Hal itu disampaikan Dirut Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Sunanto saat halal ni halal di halaman Kantor Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Rabu (18/05/22).”Tahun 2021 kami berhasil memperoleh laba sebesar Rp 9,3 miliar atau naik dibanding laba tahun 2020 yang sebesar Rp 8,5 miliar. Untuk tahun ini kami targetkan naik menjadi Rp 11 Miliar,” katanya.

Dijelaskan, untuk setoran PAD ke Pemda Kendal tahun 2021 sebesar Rp 3,8 miliar atau lebih tinggi dari setoran PAD tahun 2020 yang sebesar Rp 3,4 miliar.

Menurut Sunanto saat ini jumlah pelanggan rumah sebanyak 93.215 sambungan. Pada tahun 2022 ditarget menambah sambungan baru sebanyak 5.500 pelanggan yang terdiri 2.000 untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 3.500 sambungan biasa. “Penambahan jumlah pelanggan baru ini tujuannya untuk meningkatkan pendapatan atau mencapai target laba yang diharapkan,” katanya.

Sunanto menambahkan, tahun 2022 PDAM Tirto Panguripan Kendal mendapat dana penyertaan modal dari Pemda Kendal sebesar Rp 7,5 miliar. Dari dana tersebut yang Rp 6 miliar akan digunakan untuk subsidi sambungan baru bagi MBR sebanyak 2.000 sambungan rumah. Sisanya Rp 1,5 miliar  digunakan untuk peningkatan fasilitas, seperti pembangunan reservoir dan jaringan.“Biaya normal sambungan baru sebesar Rp Rp 1,5 juta, sedangkan biaya sambungan baru khusus untuk MBR hanya dikenakan sebesar Rp 400 ribu atau mendapat subsidi sebesar Rp 1,1 juta,” jelasnya.

Keterangan Foto: Bupati dan Wakil Bupati Kendal halal bi halal dengan karyawan Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, B.Sc menyampaikan, jumlah pelanggan yang semakin meningkat maka tuntutan masyarakat juga, maka, Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal harus bisa memberikan solusi yang terbaik.”Saya berharap, seluruh jajaran Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal Tirto Panguripan Kabupaten Kendal untuk terus melakukan inovasi-inovasi dan terobosan baru dalam meningkatkan pelayanan prima yang cepat, mudah dan nyaman kepada masyarakat dalam mengatasi persoalan air bersih di Kendal,” tutur Bupati Dico.

Bupati meminta Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal untuk terus memberikan sosialisasi dan pemahaman kepada masyarakat ketika terjadi kendala dan permasalahan yang ada, seperti adanya kebocoran air dan kekeruhan dimusim hujan.”Ketika ada kendala atau permasalahan di masyarakat, agar petugas PDAM dengan cepat langsung turun ke lapangan untuk mengatasinya. Berikan pemahaman yang benar dan tepat, mengenai air bersih. Perlu juga disampaikan melalui media massa atau website resmi yang dimiliki,” kata Bupati.

Ditambahkan, PDAM Tirto Panguripan Kabupaten Kendal, benar-benar bisa memberikan sumbangsih dalam menunjang pembangunan Daerah Kabupaten Kendal.”Tingkatkan terus kinerja dan etos kerja Saudara-saudara semua. Semoga pengabdian dan kerja keras saudara untuk masyarakat Kabupaten Kendal, dapat membawa manfaat bagi kita bersama,” tutup Bupati Kendal mengakhiri sambutan.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal, H. Windu Suko Basuki, S.H., Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Tavip Purnomo, Direktur Utama PDAM, Sunanto, dan para Kepala OPD terkait, serta diikuti oleh seluruh Pegawai Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini