Bupati Minta Musrenbang Jadi Jembatan Wujudkan 4 Pilar Pembangunan Pemkab Kendal

0
123

KENDAL – Bupati Kendal Dico M. Ganinduto berharap melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kendal Tahun 2023, menjadi jembatan mewujudkan empat pilar pembangunan Pemerintah Daerah (Pemkab) Kendal. Hal tersebut disampaikan Bupati saat menyampaikan sambutan dalam acara Musrenbang RKPD Kendal tahun 2023 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Rabu (30/3/2022).

Menurut Bupati, prioritas pembangunan 2023 terkait  pengurangan, angka kemiskinan dan pemerataan pembangunan. “Tentunya tedapat empat pilar pembangunan yang menjadi fokus pemerintah saat ini, saya harap dengan pilar itu acara musrenbang ini bisa menjadi landasan dalam prioritas perencanaan pembangunan kedepan, sehingga target kita dapat tercapai,” jelas Dico M. Ganinduto.

Bupati berpesan agar semua perencanaan dapat berjalan lancar, meminta para stakeholder dapat berkolaborasi dalam memberikan saran dan masukan sehingga hasil pembangunan dapat tercipta sesuai dengan yang direncanakan.

Keterangan Foto: Musrenbang RKPD Kendal tahun 2023 juga melibatkan perwakilan masyarakat.

Adapun pada Musrenbang RKPD tahun 2023 dilakukan penandatanganan pakta Integritas oleh Bupati dan Wakil Bupati Kendal beserta para Asisten Bupati Kendal. Pada kesempatan itu Dico M. Ganinduto melakukan penyerahan Kreatifias dan Inovasi tingkat Kabupaten tahun 2022.

Usai resmi dibukanya Musrenbang oleh Bupati Kendal, acara dilanjutkan dengan  paparan materi Arah Kebijakan Pembangunan Tahun 2023.

Plt Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Muhammad Yusuf Ariyanto menyampaikan dua tujuan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD Tahun 2023 sekaligus penyampaian sasaran dari RKPD 2023.

Dikatakan, tujuan dari Musrenbang ini tentunya adalah membahas rancangan rencana kerja kabupaten Kendal tahun 2023 dengan mendasar prioritas usulan dan hasil musrenbang tingkat kecamatan serta pokok pemikiran DPRD, kemudian mendapat masukan dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Tahun 2023 yang memuat permasalahan pembangunan berdasrkan tugas,” terang Yusuf Ariyanto.

Sementara Ketua DPRD Kendal Muhammad Makmun SHI  menyampaikan, pencapaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kendal tahun 2021 yang baru 72,5 persen, padahal kondisi optimal pencapaian sejahtera apabila IPM mencapai 80 persen.
“Gambaran pembentuk IPM dapat dilihat dari pendidikan yang belum optimal, derajat kesehatan masyarakat masih belum optimal, tenaga Kerja yang belum mampu menjawab kebutuhan pasar dan kualitas pelayanan dasar belum optimal,” jelasnya. (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here