Menteri Pembangunan Nasional Singapura Siap Suport Kemajuan KIK

0
77

KENDAL – Menteri Pembangunan Nasional Singapura, Desmond Lee, dengan didampingi Dubes Singapura untuk Indonesia, Anil Kumar Nayar, dan Port Singapore Authority, Kenneth Wu mengunjungi KIK dan Pemkab Kendal. Pertemuan diselenggarakan meriah di Pendopo Tumenggung Bahurekso, Kamis (24/3/2022).

Kunker Desmond Lee ke Kendal tersebut dalam rangka menyaksikan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Kendal, Kementerian Perindustrian dengan PT. Kawasan Industri Kendal (KIK), terkait kolaborasi atas pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Kendal. Desmond Lee juga berkesempatan melihat secara langsung perkembangan PT. KIK, paska diresmikan  Presiden RI Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong akhir 2016 lalu.

Desmond Lee mengatakan kunjungannya ke KIK dan ke Jawa Tengah yang pertama dalam kapasitas kunjungan resmi.“Sudah enam tahun, Kendal Industrial Park telah membuat kemajuan yang mengesankan. Saya melakukan kunjungan ke KIK hari ini, untuk melihat infrastruktur, jalan, bisnis dan pabrik yang ada saat ini. Dan mendengar presentasi dari perusahaan KIK, mereka berbagi dengan kami tentang dukungan yang mereka berikan kepada perusahaan yang berinvestasi di KIK,” terang Desmond Lee.

Menurut Desmond, kemajuan KIK yang sangat mengesankan, dimana juga ada rencana untuk terus memanfaatkan dan menarik lebih banyak investasi ke Kendal. Dalam keterangan persnya, Desmond Lee, menyampaikan bahwa Kendal Industrial Park adalah proyek bersama antara Indonesia dan Singapura, dimana Singapura memiliki perusahaan yang merupakan joint venture antara Jababeka Indonesia dan Sembcorp Singapore.“Jadi perusahaan kami berpartisipasi aktif, bekerja sama dengan teman-teman di Indonesia, untuk mengembangkan dan memanfaatkan Kawasan Industri Kendal. Bukan hanya manajemen perusahaan, tetapi juga memanfaatkan investasi, menyediakan infrastruktur, pelatihan dan penempatan tenaga kerja”, kata Desmond.

Keterangan Foto: Sebelum menyaksikan MoU, Desmon Lee mengunjungi KIK dan sejumlah perusahaan di KIK.

Ditambahkan untuk menarik para investor, Kawasan Industri Kendal akan terus membuat lingkungan bisnis yang ramah, menyediakan infrastruktur, menyediakan layanan dan dukungan.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan kehadiran Menteri Pembangunan Nasional Singapura ke Kendal tersebut merupakan momen yang spesial. Dengan dilakukannya MoU ini, saya berharap bahwa hal itu dapat membuka lapangan kerja bagi masyarakat Kendal, khususnya bagi masyarakat Kendal yang selama ini mengalami kesulitan karena belum memiliki sertifikat untuk bisa bekerja di PT. KIK”, kata Dico.

Menurut Dico, pelatihan keterampilan akan diberikan oleh Kementerian Perindustrian RI, sehingga pihaknya bersama dinas-dinas terkait akan segera mempersiapkan masyarakat yang ingin bekerja, dan setelah dilatih akan bisa bekerja di PT. KIK.“Selain itu, akan bekerjasama sama dengan mengembangkan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kendal, sehingga nanti akan dibahas dan dikaji bersama”, tambah Bupati Dico.

Turut hadir menyambut bersama Bupati Kendal beserta jajaranya, yaitu Dirut PT. KIK, Stanley Ang, Founder KIK, Darmono, dan Dir PT.KIK, Purbadi, serta diikuti oleh para pimpinan perusahaan di PT. Kawasan Industri Kendal (KIK) dan para BUMN dan BUMD. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini