Ormas Di Kendal Diajak Sukseskan Pembangunan Daerah

0
154

KENDAL – Kesbangpol Kendal menggelar pembinaan dan pengawasan Organisasi Masyarakat (Ormas) Kabupaten Kendal di Gedung Abdi Praja, Rabu (16/03/22). Kegiatan yang diikuti puluhan Ormas lembaga media ini ini bertemakan ‘Peran Organisasi Masyarakat Dalam Pembangunan Di Kabupaten Kendal’, menghadir dua nara sumber yaitu Asisten Pemerintah, Winarno dan Kajari Kendal yang diwakili Kasi Intel, Iman Khilman.

Winarno mengatakan dengan situasi saat ini, kemurnian Pancasila harus terus ditegakkan. Dikatakan, ada empat hal yang harus digerakkan jiwa saling menghormati antar umat beragama.”Belakangan ini sering kita lihat perbedaan pendapat, kalau tidak disikapi dengan dewasa bisa menimbulkan gesekan bahkan perang saudara,” ujarnya.

Menurut Winarno, perkembangan sosial media banyak menimbulkan perbedaan dan gesekan sehingga kemurnian nilai-nilai Pancasila harus selalu dipegang dan dijaga.”Ormas harus bisa memberikan kontribusi untuk pembangunan dan menjaga ketertiban sosial,” jelasnya. Ditambah, untuk suksesnya sebuah pembangunan harus ada tiga pilar yang hadir dan ikut berperan yaitu Pemerintah, Swasta dan Masyarakat.

Kasi Intel Kejari Kendal, Iman Khilman mengatakan dampak pandemi Covid-19 sangat luar biasa.”Kami melihat langsung di Bali, sangat sepi dampak pandemi Covid-19,” ujarnya.

Menurut Iman, ada pelatihan Ormas baik terkait keorganisasian dan keekonomian. Dijelaskan, orang sukses minimal memiliki kelebihan diantaranya pendidikan, nilai tambah keahlian dan akhlak. Dikatakan, politik identitas juga sangat mengkhawatirkan menggunakan SARA untuk Black Campain.

Kepala Kesbangpol, Suharjo mengatakan, kehadiran Ormas diharapkan mampu menampung aspirasi anggotanya dan masyarakat. Menurutnya, Ormas merupakan organisasi yang dibentuk masyarakat secara mandiri.”Untuk itu kami mengharapkan Ormas yang ada di Kendal dapat bersinergi dengan Pemkab Kendal untuk bersama-sama mewujudkan cita-cita Pembangunan Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Dikatakan, setiap masyarakat  memiliki ke hak untuk berkumpul dan mengeluarkan pendapat yang di jamin UUD 1945.”Karena Ormas memiliki kewenangan yang luar biasa dan dijamin UUD maka, berikan kontribusi yang nyata untuk pembangunan,” jelasnya.

Suharjo menambahkan, peran masyarakat sangat penting dalam mensukseskan pembangunan. Untuk itu pihaknya mengajak semua pihak untuk bersama dan bersinergi mensukseskan pembangunan daerah. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini