Polres Kendal Dan Dirlantas Polda Jateng Musnahkan Ratusan Knalpot Brong

0
107

KENDAL – Polres Kendal bersama Dirlantas Polda Jateng melakukan pemusnahan 359 Knalpot Brong berbagai merk di Halaman Mapolres dengan cara memotong knalpot hasil razia sitaan selama dua minggu, Jumat (28/01/22). Kegiatan tersebut merupakan realisasi dari Program Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Tengah dengan menetapkan Jateng Zero Knalpot Brong di semua wilayah.

Pemusnahan dipimpin langsung oleh Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jawa Tengah Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, pihaknya menyampaikan bahwa selama penindakan yang dilakukan untuk seluruh wilayah mencapai 11.437 kendaraan.

Kombes Pol Agus Suryo menjelaskan, dari hasil operasi razia knalpot di wilayah hukum Polda Jateng, berhasil menindak tujuh ribu lebih kendaraan yang berknalpot tidak standar dalam dua minggu.
“Saya mewakili Bapak Kapolda, hari ini memimpin langsung kegiatan pemusnahan knalpot yang tidak sesuai standar. Kami akan terus melakukan operasi kepada para pengendara yang meggunakan knalpot tidak standar, atau knalpot brong ini, yang digelar sejak 10 Januari 2022 lalu. Hal ini dalam rangka menuju zero knalpot brong,” jelasnya.

Ditegaskan, adanya razia knalpot brong ini disambut positif masyarakat. Terbukti hari ini selain Bupati dan Forkopimda, juga dihadiri perwakilan tokoh masyarakat dan tokoh agama. Karena selain mengganggu kenyamanan lingkungan, knalpot brong mengakibatkan pengendara lain hilang konsentrasi.“Sudah banyak laporan masyarakat yang merasa terganggu dengan adanya knalpot ini. Sehingga kami tindak lanjuti dengan kegiatan operasi. Karena ini juga termasuk mengganggu kamtibmas di wilayah hukum Polda Jateng. Jadi kepada pengendara yang ditindak, kita kenakan sanksi pada 285 ayat 1 UU Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas,” tandas Agus Suryo.

Untuk para pelanggar, dirinya mengimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Dan untuk pengambilan kendaraan yang disita, pemilik atau pengendara harus bisa membawa knalpot asli atau standar kendaraannya.

Dirlantas juga berharap, ke depannya tidak ada lagi knalpot brong di wilayah hukum Polda Jateng. Untuk itu, pihaknya terus melakukan langkah persuasif dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto mengatakan, operasi knalpot brong ini untuk mendukung program Polda Jateng dalam mewujudkan Jawa Tengah zero knalpot brong. Operasi knalpot brong akan terus dilakukan secara humanis dengan menugaskan Tim UKL di beberapa titik. “Operasi knalpot brong akan terus dilakukan dan tiap hari kami up date terus hasil operasi knalpot brong,” katanya.

Kemudian acara ditutup dengan melakukan penandatanganan dukungan tertib lalu lintas yang dilakukan oleh Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho, Kapolres Kendal AKBP Yuniar Ariefianto, Bupati Kendal Dico M. Ganinduto, Komandan Kodim 0715/Kendal Misael Marthen dan diikuti oleh tokoh masyarakat serta para komunitas motor yang hadir. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini