Dinilai Berjasa Dibidang Wirausaha Pemuda, HIPMI Kendal Berikan Award 7 Lemabaga

0
146

KENDAL – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kendal memberikan penghargaan kepada tujuh lembaga yang dinilai berjasa dalam mendorong tumbuhnya wirausaha Muda di Kendal. Penghargaan yang dikemas dalam HIPMI Award tahun 2021 itu diberikan kepada Bupati Kendal, Kodim 0715 Kendal, Polres Kendal, Bank Jateng, Relawan Inspirasi Rumah Zakat, MPPO yaitu komunitas yang konsen dalam Digitalisasi Pemuda dan Sekolah Bisnis Kendal, di Cafe  Borjuis, Sabtu (18/12/21).

Ketua HIPMI Kendal, Arifianto mengatakan Misi no.1 dalam RPJMD Kabupaten Kendal yaitu peningkatan UMKM/industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan lima tahun yang merupakan penjabaran visi dan misi kepala daerah terpilih. Komitmen ini tidak sebatas dalam dokumen semata. Tetapi sudah dilaksanakan secara sinergis oleh instansi/OPD/Dinas terkait. Beberapa program selam Pandemi yang telah terealisasi berupa pelatihan dan akses pasar retail modern, pelatihan ekspor UMKM, Ekspo UMKM Digital, ekspo batik dan berbagai macam kegiatan lainnya. Atas komitmen dan sinergitas Pemerintah Daerah Kendal dalam mendukung pengembangan usaha para pelaku usaha di Kendal. Dengan bangga kami persembahkan HIPMI Award kepada Bupati Kendal.

Dikatakan, relawan inspirasi merupakan relawan Rumah Zakat yang ditempatkan di desa atau kelurahan dalam program Desa Berdaya. Program Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan masyarakat yang meliputi pemberdayaan di bidang religiusitas, ekonomi, pendidikan, kesehatan, serta lingkungan. Salah satu terobosan dalam pengembangan usaha pelaku UMKM adalah pendirian Badan Usaha Milik Masyarakat (BUMMas). BUMMas ini didirikan untuk para pelaku UMKM menjadi lebih mandiri dan berdaya. Di Kendal sendiri ada 8 titik desa berdaya dengan 5 unit BUMMas. Dengan berbagai macam usaha yaitu qiya brownies, batik, sembako dan kelontong ,pertanian pangan. Hasil usaha ini tidak untuk perorangan tetapi kembali lagi ke masyarakat.”Karena komitmen pengembangan usaha masyarakat  berbasis pemberdayaan maka HIPMI Award diberikan kepada Relawan Inspirasi Rumah Zakat Korda Kendal,” jelasnya.

Menurutnya, pemberian penghargaan untuk Kodim 0715 Kendal, Polres Kendal, Bank Jateng, MPPO yaitu komunitas yang konsen dalam Digitalisasi Pemuda dan Sekolah Bisnis Kendal diberikan  juga berdasarkan peran dan kontribusi mereka dalam mewujudkan dan mendorong wirausaha Pemuda Kendal.

Ditambahkan, tahun depan pihaknya akan memberikan pelatihan marketing digital kepada para pelaku usaha Muda di Kendal untuk memberikan efek luar biasa bagi kemajuan UMKM agar bisa naik kelas.”Di era digital dan situasi yang masih pandemi Covid-19 ini, ilmu marketing digital sangat dibutuhkan para pengusaha, terutama bagi pemula untuk tetap eksis dan berkembang,” katanya.

Salah satu penerima penghargaan HIPMI Award, Bupati Kendal yang diwakili Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Cicik Sulastri menyampaikan terimakasih atas penghargaan tersebut. Dikatakan, tanpa adanya penghargaan sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah sampai pusat untuk terus mendorong, mensuport dan memfasilitasi para generasi muda untuk tumbuh dan berkembang menjadi pengusaha yang handal.”Apalagi dengan penghargaan ini, maka akan menjadikan kami semakin semangat untuk bekerja lebih baik lagi kedepannya,” katanya. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini