KNPI Gelar Creative Prenuer 2021, Untuk Geliatkan Wirausaha Muda

0
219

KENDAL – DPD KNPI Kendal menggelar kegiatan Creative Prenuer 2021 dengan tema ‘Kolaborasi Itu Asyik’. Event ini diselenggarakan dalam rangka kontribusi KNPI Kendal dalam membantu menggeliatnya kewirausahaan pemuda dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kendal.”KNPI Kendal akan selalu hadir sampai pelosok desa. Selain kehadiran di wilayah geografis, KNPI akan terus aktif dan hadir di semua segment kehidupan pemuda Kendal,” kata Parno Ketua DPD KNPI Kendal, Rabu (15/12/21).

Dikatakan, setelah bulan November, memperkuat rasa kabangsaan dan nasionalisme pemuda Kendal, KNPI bulan ini hadir untuk berperan serta menumbuhkan kewirausahaan dan ekonomi kreatif pemuda Kendal. Seperti kita ketahui bersama bahwa Pandemi covid 19, hampir mematikan geliat ekonomi kreatif di Kendal. Banyak pertunjukan yang tidak bisa terselenggara.”Maka diharapkan dengan adanya event Creative Prenuer 2021, bisa menjadi pematik tumbuhnya kewirausahaan dan ekonomi kreatif pemuda di Kendal,” terang Parno.

Dijelaskan, kegiatan ini nantinya akan diselenggarakan besok Jumat, 17 Desember 2021.”Kita sengaja mengambil tema, Kolaborasi Itu Asyik, karena memang untuk meningkatkan sektor kewirausahaan dan ekonomi kreatif harus saling berkolaborasi. Tidak bisa mengandalkan ego sektoral. Pelaku usaha, cluster, komunitas dan pemerintah daerah harus sengkuyung bareng,” tutur Parno.

Menurutnya, kalau tidak sinergi dan berkolaborasi maka yang terjadi bukannya hal positif, tetapi malah hal negatif dan kontraproduktif. Padahal kemajuan suatu daerah, salah satu parameternya adalah banyak penduduk yang memiliki usaha.
Dalam kegiatan CreativePrenuer ini mencoba mengkolaborasikan 6 aspek ekonomi kreatif. Yaitu seni pertunjukan, video, kuliner,fotografi, fashion dan kriya. Nantinya ke enam aspek ini akan muncul dalam gelaran event tersebut. Selain penampilan dari ke enam sektor ekonomi kreatif tersebut, juga ada kelas mastery business. Yaitu kelas pendampingan usaha bagi UMKM Pemuda yang ingin melejitkan potensi usaha.”Usaha itu tidak datang dengan tiba-tiba. Harus di ilmuni dan bertahap. Makanya kita sediakan mentor yang siap membantu usaha para pemuda,” ujarnya.

Untuk mensukseskan kegiatan tersebut, KNPI juga tidak bekerja sendirian. KNPI berusaha menggandeng beberapa komunitas untuk mensukseskan kegiatan tersebut. Ada MPPO, komunitas film Pabelan, Maharist Kendal, Lala Henna Gallery, Sanggar Seni Arjuno Laras, Grup Rebana As Musda.
Sementara itu Lala dari komunitas Maharist Kendal sangat menyambut baik event tersebut. “Selama Pandemi nyari pesanan mahar sangat sepi. Adanya event dari KNPI ini bisa dijadikan sarana promosi usaha mahar kami,” terang Lala. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini