Hormati Jasa Nakes, Bupati Jadi Irup Hari Pahlawan Pakai Baju Hasmat

0
143
Keterangan Foto: Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Wakil Bupati Windu Suko Basuki menyerahkan bantuan untuk ahli waris yang keluarganya meninggal dunia.

KENDAL – Untuk menghormati jasa Tenaga Kesehatan (Nakes) yang sudah berjuang menjadi pahlawan dan garda terdepan di tengah Pandemi Covid-19, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Pahlawan tahun 2021 tahun rela mengenakan baju hasmat lengkap. Sementara Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki yang merupakan veteran TNI, mengenakan pakaian TNI dan berikut kepala. Upacara berlangsung di Lapangan Desa Bebengan Kecamatan Boja, Rabu (10/11/21).

Bupati mengatakan, peringatan Hari Pahlawan harus menjadikan  semangat generasi muda untuk meneruskan cita-cita Bangsa Indonesia.”Mari memberikan masukan, ide dan gagasan serta mampu menerapkan nilai-nilai kejuangan kepada generasi muda Kendal dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Pada momentum Hari Pahlawan ini, Bupati mengajak seluruh lapisan masyarakat bergandengan tangan untuk bersama sama berkarya nyata. Bersama-sama bahu membahu dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab serta penghormatan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan, memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.”Mari kita menciptakan Kendal Handal, Unggul, Makmur, dan Berkeadilan,” doanya.

Menurut Bupati, setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun, dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya. Apalagi dalam 20 tahun mendatang (2020-2040)
kita akan memasuki “bonus demografi”, yaitu periode di mana angka dependency ratio mencapai angka minimal. Dalam periode ini, akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawankemiskinan dan kebodohan. Namun di sisi lain, juga terdapat kecenderungan berkurangnya lapangan pekerjaan yang harus kita antisipasi dengan cerdas dan seksama. Kenyataan ini, harus kita hadapi dengan semangat wirausaha yang sesungguhnya.”Hal ini harus menjadi cambuk untuk meneguhkan persatuan dan kesatuan Indonesia,” katanya.

Ditambahkan, dengan semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginspirasi dan menggerakkan semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama yang sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan dalam arti yang luas.”Sekali lagi, mari kita bergandengan tangan untuk bersama sama berkarya nyata demi menciptakan, Kendal, Handal, Unggul, Makmur, dan Berkeadilan,” pungkasnya.

Ketua DPRD Kendal, H Muhammad Makmun SHI mengatakan, peringatan Hari Pahlawan Kendal harus menjadi momentum meningkatkan kinerja sebagai bentuk kontribusi terhadap bangsa dan negara. Menurutnya, apa yang dilakukan pejabat saat ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan jasa para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan.”Untuk itu mari seluruh masyarakat Kendal, ayo berikan kontribusi terbaik untuk bangsa dan negara. Untuk saat ini salah satunya ikut vaksin juga sebagai bentuk kontribusi mendukung pemerintah dalam mewujudkan kesehatan bangsa,” katanya.

Upacara diakhiri dengan pemberian santunan ahli waris meninggal dunia. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini