Bangkit Dari Covid-19, Pelaku UMKM Kendal Diajari Ekspor

0
37
Keterangan Foto: Sejumlah petugas sedang menata produk UMKM Kendal myang siap di ekspor.

KENDAL – Kondisi para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal yang terpuruk selama pandemi Covid-19, menjadi perhatian Pemkab Kendal. Mereka disuport dan beri pelatihan ekspor oleh Pemkab yang bekerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Pelatihan yang kemas dalam ‘coaching program for new exporter’ berlangsung di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, selama dua hari, Rabu-Kamis (06-07/10/21).

Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi UKM Kabupaten Kendal, Drs.Kuncahyadi, mengatakan, tujuan dari diselenggarakannya pelatihan ini untuk meningkatkan ekspor nasional dan penciptaan eksportir baru khususnya yang ada di Kabupaten Kendal. Terutama mempersiapkan pelaku UMKM untuk menjadi eksportir handal.

“Dengan memberikan pengetahuan tentang cara memulai ekspor, proses kegiatan ekspor, informasi peluang pasar dan membuka jejaring ekspor, semoga akan bermunculan pelaku ekspor yang handal di Kendal,” kata Kuncahyadi.

Kuncahyadi mengucapkan terima kasih dan epresiasi yang setinggi tingginya kepada pihak Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia(LPEI) Bank Exim sebagai salah satu Bank BUMN, yang telah berkenan memberikan fasilitas bagi pelaku UMKM Kabupaten Kendal untuk dapat mengembangkan usahanya, agar lebih maju dan bisa mengekspor produknya ke luar negeri.

Ditambahkan, paska pelatihan, akan dilakukan pendampingan berkelanjutan kepada pelaku UMKM di Kabupaten Kendal, untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha hingga mencetak ekspor baru berkualitas.” Dari umlah UMKM 9000 lebih, sampai saat ini baru 5 yang sukses, untuk itu kita terus pacu untuk pelaku UMKM berani menembus dunia ekspor karena potensinya sangat luar biasa,” katanya.

Salah satu pelaku UMKM, Maftuhin mengaku sangat senang bisa mengikuti kegitan ini, karena dirinya memang bercita-cita bisa melakukan ekspor import barang. Dijelaskan, di Kendal banyak komoditi yang bisa di ekspor diantaranya kopi.”Produksi kopi di Kendal bagus dan rasanya juga tidak kalah dengan daerah lain, sehingga kami tergerak untuk bisa mengembangkannya melalui kegiatan ekspor. mohon doa semuanya semoga kami bisa segera melakukan ekspor,’ doaanya. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini