Pesantren Diajak Merawat Dan Berkontribusi Menjaga NKRI

0
242

SEMARANG – Anggota Komisi IX DPR RI, Mujib Rohmat, M.H menyebut pondok pesantren sebagai salah satu pemilik saham bangsa ini. Sehingga menjadi kewajiban bagi kalangan pesantren untuk selalu menjaga dan merawat kelangsungan hidup bangsa ini.”Para santri wajib andil dan berkontribusi membesarkan bangsa dan negara dengan karya terbaik,” ujar DR HA Mujib Rohmat MH saat sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Ponpes Al- Ittihad, Poncol, Beringin, Kabupaten Semarang pada Selasa (28/09/ 2021).

Mujib mengingatkan agar kalangan pesantren selalu menjaga warisan keberagaman bangsa ini, sehingga para kiai sepuh saat itu ikhlas Indonesia tidak menjadi negara Islam tapi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).“Mengamalkan Empat Pilar MPR RI berarti menjaga bangsa ini yang juga didirikan oleh kalangan pondok pesantren. Khubbul watthon minal iman,” ungkap Mujib Rohmat.

Menurut Mujib, Empat Pilar MPR yang terdiri dari Pancasila, Undang-Undang (UUD) 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika merupakan fundamen pokok bangsa ini.“Untuk itulah MPR RI melakukan sosialisasi kepada segenap kalangan mulai dari pusat hingga daerah,” kata pria kelahiran Kabupaten Kendal ini.

Mujib Rohmat juga menyampaikan perhatiannya terhadap pendidikan. Dijelaskan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, DPR dan pemerintah dalam hal ini Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi sedang menyusun Roadmap Pendidikan Nasional agar pendidikan di Indonesia lebih terarah dan maju.

Dalam kesempatan itu pengasuh Ponpes Al Ittihad KH. Nurkholis Thohir mengatakan sosialisasi ini penting dilaksanakan di kalangan pesantren, agar para santri mengetahui perjuangan para kiai dalam memperjuangkan bangsa ini.”Dengan begitu, santri bisa memahami dan mengamalkan nilai- nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” katanya. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini