Kalirejo Berbenah, Siap Jadi Desa Wisata Bahari

0
135

KENDAL – Desa Kalirejo Kecamatan Kangkung mulai berbenah menyiapkan infrastruktur dan managemen untuk menjadi Desa wisata Bahari.

Hal itu disampaikan, Kepala Desa Kalirejo, Teguh Sumaryanto disela-dela acara penanaman pohon bakau sebanyak 8000 bibit dalam rangka peringatan 61 Tahun Karang Taruna.

Teguh mengatakan, tujuan penanaman Bakau itu untuk kelestarian alam di tambak dan sepanjang Sungai Guyangan serta persiapan Desa Kalirejo menuju Fesa Wisata Bahari.”Bersama Karang Taruna Desa Kalirejo, Kamajaya kami ajak peserta untuk menyusui sungai menggunakan perahu sekaligus menikmati pemandangan alam sekitar,” katanya.

Menurut Teguh, sudah sejak tahun 1990 an petani dan petambak di Desa Kalirejo menanam Bakau untuk menjaga alam sekitar.”Saat ini tanaman tersebut sudah lebat dipenuhi burung Kuntul dan sejumlah burung lainya,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya juga sudah membentuk Pokdarwis dan melakukan pengerukan di muara Pantai serta penataan lokasi untuk wisata Bahari.”Akses jalan menuju Pantai memang tidak ada, tapi kami melohay itu bukan halangan tapi peluang untuk mengembangkan jalur sungai sebagai akses menggunakan perahu,” katanya.

Teguh menambahkan setelah pelebaran dan penataan muara selesai akan dibuatkan gasebo-gasebo dan tempat permainan anak-anak serta Cafe dan tempat kuliner seafood.

Ketua DPRD Kendal H Muhammad Makmun SHI mengatakan, sangat mendukung inovasi pemerintah Desa Kalirejo untuk mengembangkan wisata alamnya. Dikatakqn, ini hal baru dalam pengembangan destinasi wisata Bahari. “Kaki siap membantu dan mengawal program yang bisa dimasukkan desa Kalirejo dalam mengembangkan wisata Bahari,” katanya.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah desa Kalirejo. Wabup sangat mendukung rencana pemerintah Desa Kalirejo yang ingin mewujudkan wisata Bahari.“Bagus saya mendukung tujuan Pemerintah Desa Kalirejo untuk membuat wisata Bahari,” katanya.

Wabup juga sempat  meninjau melalui speedboat dan kagum dengan keindahan pemandangan bakaunya.”Untuk itu saya pesan, lanjutkan tujuan ini dan wujudkan program Desa Kalirejo menjadi wisata Bahari,” ujarnya. (AU/01)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini