Paguyuban Kades Bahurekso Siap Dukung Penanganan Sampah Plastik

0
31

KENDAL – Paguyuban Kades Bahurekso Kendal siap mendukung program Penanganan sampah plastik di Kabupaten Kendal. Hal tersebut disampaikan Ketua Paguyuban Kades Bahurekso Kendal, Abdul Malik usai di pengukuhan Pengurus Paguyuban Kades Bahurekso masa bhakti 2021-2024 di Pendopo Tumenggung Bahurekso Kendal, Selasa (14/09/21).

Ketua Paguyuban Kades Bahurekso Kendal, Abdul Malik menyampaikan keberadaan Paguyuban Kades bisa memberikan manfaat untuk mendukung visi-misi Bupati-Wakil Bupati Kendal.

Menurutnya Paguyuban Kades juga memiliki visi-misi dan tidak hanya menjadi wadah para kades tapi menjadi keluarga satu sama lain, menjadi lebih guyub dan rukun serta meningkatkan rasa kekeluargaan dan kerja sama antar desa.” Komunikasi baik eksternal maupun internal akan terus dilakukan untuk memajukan desa dengan umkm, wisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya siap mensosilisasikan gerakan anti sampah untuk menjaga lingkungan. Ditambahkan, para kades juga didorong mengelola BUMDes untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengatakan, kades sebagai ujung tombak pembangunan yang langsung bersentuhan dengan masyarakat harus segera menyampaikan aspirasi masyarakat Kendal pemerintah agar bisa terealisasi. Dikatakan, program yang usulkan harus hasil yang jelas.

Menurut Bupati, saat ini di Kendal masih ada 6 persen masyarakat Kendal yang belum memiliki pekerjaan atau 6000 orang.”Mereka harus dipikirkan pekerjanya. Pariwisata menjadi dan UMKM dijadikan pendorong peningkatan ekonomi masyarakat. UMKM tidak hanya menjadi pendorong tapi pembuka lapangan kerja bagi masyarakat,” katanya.

Ditambahkan terkait penanganan sampah harus direalisasi agar Kendal bebas sampah plastik. Masyaralat diberikan penjelasan dan peningkatkan kesadaran dalam memilah dan memilih sampah. Pengukuhan ditutup dengan penanamanpohondi Alun-Alun Kendal. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here