Goes To Campus, DPD KNPI Kendal Ajak Mahasiswa Optimalkan Peran Dalam Pembangunan Daerah

0
36

KENDAL– Meski Pengurus DPD KNPI Kabupaten Kendal periode 2021-2024 belum dilantik namun langsung tangan gas dengan menggelar acara Goes To Campus. Acara yang pertama akan dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyan (STIT) Muhammadiyah Kendal, Senin (28/06/2021). Kegiatan Go To Campus itu mengangkat tema ‘Pengoptimalan Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Daerah’.

Ketua DPD KNPI Kabupaten H Parno SPdI MSi mengatakan kegiatan ini bertujuan membangun spirit mahasiswa agar memaksimalkan peran mereka dalam pembangunan daerah.

Dikatakan, kegiatan yang dikemas dalam bentuk seminar, menghadirkan nara sumber Ketua DPD KNPI Kabupaten Kendal, H Parno SPdI, MH atau yang sering disapa Gus Parno dan Zaenal Arifin, SPdI yang juga Wakil Ketua DPD KNPL Kendal, dan dimoderatori Apridita Mulita SSH Ketua Bidang Pemberdayaan Perempuan DPD KNPI Kendal.

Gus Parno menyampaikan pemuda memiliki peran yang penting dalam pembangunan bangsa dan negara Indonesia. Dijelaskan, zaman pra kemederkaan dan pasca kemerdekaan pemuda selalu ikut andil dalam perubahan kekuasaan di Indonesia.”Hari ini di tengah pandemi Covid-19, pemuda dalam hak ini mahasiswa harus ambil peran penting untuk membantu bangsa dan negara dalam melakukan pencegahan penularan Covid-19 dengan aktif sebagai garda terdepan menjadi pelopor kampanye protokol kesehatan (Prokes),” ujarnya.

Menurut  Gus Parno mahasiswa tidak hanya bertugas mengenayam pendidikan dan pengajaran, peneliitian tapi aktif melakukan kegiatan sosial masyarakat dan

pengembangan diri agar nantinya setelah selesai kuliah langsung nisa aktif berperan ditengah masyarakat.”Jangan hanya kuliah saja tetapi kita harus melakukan pengapdian kepada masyarakat sesuai dengan tridharma perguruan tinggi,” katanya.

Dikatakan, Falsatah Jawa Urip iku Urup Juga dijelaskan dalam acara tersebut, dimana hidup ini harus dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.” Mahasiswa harus memiliki “Creative Thinking, dan Business Thinking,” ungkapnya.

Grus Parno membakar semangat mahasiswa untuk mengambil perannya, bukan hanya diam pada zoma nyaman. Ditambahkan, kegatan Goes To Campus ini juga menjelaskan konsep Good Govermance, yang mana pemerintahan yang bagus perlu adanya sinergi antara sektor Goverment, Private, dan Civil Society. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here