Dapur Umum Karangsari Bagikan 600 Nasi Bungkus Selama 14 Hari

0
10
Keterangan Foto: Pemkab Kendal melalui Baznas mendirikan dapur umum.

KENDAL – Untuk memenuhi kebutuhan makan warga positif Covid-19 di Kelurahan Karangsari Kecamatan Kendal Kota dan menjalani karantina, Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal mendirikan dapur umum bagi Warga RT 01 RW 04. Dapur umum, didirikan di ruang kelas II, SD Negeri 03 Karangsari tak jauh dari kampung warga tinggal.

Dapur umum digunakan untuk memenuhi kebutuhan makan warga selama masa karantina 14 hari. Tujuannya, agar warga tidak ke luar rumah dan tetap berada di lingkungan batas karantina. Sejumlah relawan dan Bhabinkamtibmas ikut membantu memasak dan mendistribusikan makanan ke warga  Kelurahan Karangsari yang lockdown  selama  dua minggu. Adapun teknis pemberian  nasi bungkus di berikan  pada warga yang jaga di pintu masuk yang  tidak positif.

Ketua Baznas Kabupaten Kendal, Ubaidillah, mengatakan, pihaknya telah menugasi 20 orang anggotanya dan 80 orang relawan untuk membantu di lokasi dapur umum.“Kami membantu kebutuhan pasien dalam bentuk sembako. Sembako harus membeli di toko yang ada tak jauh dari lokasi didirikannya dapur umum itu. Jadi tidak keluar jauh dari kelurahan, dengan harapan agar perputaran ekonomi tetap berjalan di kelurahan setempat,”kata Ketua Baznas Kendal, Ubaidillah, Jumat (11/06/21).

Ubaidillah mengaku, petugas dapur umum terlebih dahulu mengambil kebutuhan pokok untuk memasak di toko terdekat, baru kemudian pihak Baznas membayar jumlah sembako yang diambilnya.“Basnaz tidak sekedar membantu kebutuhan pokok atau logistiknya saja, tetapi juga membantu tenaga yang dilibatkan di dapur umum tersebut,” terang UbaidillahLogistik berupa sembako untuk dapur umum dibantu dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendal. Selain itu dibantu juga dari sebagian warga sekita yang memberikan bantuan berupa bahan pokok.

Kepala Kelurahan Karangsari, Gatot Tunggul Wulung, mengatakan, untuk kebutuhan makan, warga yang isolasi mandiri tidak perlu khawatir. Satgas Jogo Tonggo juga sudah diaktifkan melalui Ketua RT setempat. Sedangkan 60 Kepala Keluarga (KK) yang menjalani karantina kebutuhan dipenuhi dari Dapur Umum Satgas Covid-19 Karangsari.’’Setiap hari dapur umum memasak 600 bungkus makanan dan didistribusikan tiga tahap yaitu pagi 200 bungkus, siang 200 bungkus dan malam 200 bungkus,” katanya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here