Perumda Air Minum Tirto Panguripan Uji Coba Recervoar Donosari

0
14

KENDAL – Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kabupaten Kendal melakukan uji coba pemanfaatan recervoar baru yang belum lama selesai di bangun di Desa Donosari Kecamatan Patebon, Kamis (09/06/21). Uji coba dengan mengalirkan dua sumur bor yang ada yaitu Sumur Donosari 1 dan 2 dimasukan ke recervoar baru didistribusikan ke pelanggan.

Direktur Tehnik, Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal, Kuntofiq mengatakan saat dilaksanakan uji coba pemanfaatan recervoar akan berdampak pada air yang mengalir ke pelanggan menjadi agak keruh. Sumur di Donosari 1 melayani Pegandon dan sekitar, Donosari 2 melayani Patebon dan sekitar.”Untuk itu kami selaku manajemen meminta maaf apabila nanti saat uji coba berlangsung, dampak air menjadi agak keruh,” ujarnya.

Dikatakan, untuk meminimalisir air keruh yang mengalir ke pelanggan pihaknya sudah menyiapkan petugas untuk melakukan pencucian pipa, sehingga dampak keruh bisa berkurang.”Petugas kita sudah stanby dan langsung melakukan pencucian pipa saat uji coba berlangsung,” jelasnya.

Dikatakan sebenarnya penambahan recervoar di Donosari karena banyak masukan dari pelanggan mengeluh air yang mengalir ke rumahnya kapasitasnya sangat kecil bahkan di saat jam-jam puncak seperti pagi dan sore air tidak mengalir.”Untuk meningkat pelayanan kepada pelanggan terutama saat jam puncak air yang mengalir kapasitasnya bisa lebih besar, katanya.

Keterangan Foto: Recervoar di Desa Donosari diuji coba, sebelumnya dilakukan doa bersama.

Menurut Kuntofiq recervoar itu dibangun tahun anggaran 2020-2021 dengan kapasitas 500 M3 dan saat ini masih pemeliharaan. Selama ini banyak keluhan dari pelanggan aliran air ke rumah mereka kecil bahkan tidak mengalir saat kam puncak.”Dengan adanya recervoar ini maka jam puncak aliran air akan tambah. Satu sumur melayani 2000 pelanggan lebih, meski demikian namun pelayanan akan lebih baik,” jelasnya.

Ditambahkan, beberapa hari sebelu. Dilakukan uji coba, Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kendal sudah melakukan sosialisasi kepada warga di Kecamatan Patebon dan Pegandon dan sekitar dengan menggunakan pengeras suara secara keliling dan melalui media massa.

Uji coba recervoar di Desa Donosari dipimpin langsung oleh Dirut Perumda Air Minum Tirto Panguripan Kabupaten Kendal, Sunanto dan diawali dengan doa bersama. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here