Tim Penggerak PKK Kendal Fokus Penanganan Stunting

0
8

KENDAL – Gizi buruk terhadap anak dan stunting menjadi fokus penanganan Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal. Hal itu dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Kendal, Wynne Frederica saat acara video teleconferensi  bersama tenaga kesehatan, dan disaksikan langsung oleh perwakilan  pengurus PKK di wilayah Kabupaten Kendal, di Ruang Ngesti Widdhi Kabupaten Kendal, Rabu (9/6/2021).

Menurut Chaca sapaan akrab Ketua Tim Penggerak PKK Kendal, stunting menunjukkan kurangnya gizi pada anak diawal pertumbuhan dan perkembangannya.“Stunting ini tidak hanya berdampak pada tubuh pendek saja, namun juga memiliki banyak dampak buruk bagi anak. Karena kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak aspek, mulai dari aspek pendidikan hingga ekonomi,” ujarnya.

Chaca menuturkan, stunting harus benar-benar dicegah, karena dampaknya akan sulit untuk diperbaiki dan sangat merugikan, terutama mempengaruhi masa depan anak.

Nara sumber teleconferen dr Mesty Ariotedjo spesialis gizi dan nutrisi menjelaskan, stunting dapat mempengaruhi pada perkembangan dari kecil hingga dewasa, karena dalam jangka pendek, stunting pada anak menyebabkan terganggunya perkembangan otak, metabolisme tubuh, dan pertumbuhan fisik.

Menurut dr. Mesty Ariotedjo, stunting juga akan  memengaruhi kecerdasan pada anak, yang mana biasanya kecerdasan dibawah rata-rata, sehingga akan berdampak pada prestasi belajarnya.”Selain itu, sistem imun tubuh anak tidak baik, dan anak akan mudah sakit.  Kemudian anak akan lebih tinggi berisiko menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker,” tambah dr. Mesty.

Ia berpesan, gizi yang baik dan tubuh yang sehat merupakan kunci dari pencegahan stunting. Untuk itu, dalam rangka pencegahan stunting ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu  mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan selama hamil dan selama menyusui.“Memberikan ASI eksklusif dan nutrisi penting lainnya seiring pertambahan usia anak, ini menjadi sangat penting yang harus diperhatikan bagi orang tua, agar anak-anak kita dapat terhindar dari masalah stunting,” pungkas dr Mesty.(AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here