Kasus Positif Covid-19 Meningkat, Tiga Kecamatan Zona Merah

0
9

KENDAL– Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kendal meningkat dalam sepekan terakhir. Akibatnya tiga kecamatan dengan angka positif tinggi, sehingga ditetapkan sebagai zona merah. Tiga Kecamatan tersebut meliputi Kendal, Patebon dan Kecamatan Boja.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kendal Ferinando Rad Bonay mengatakan, berdasarkan data dari Dinkes Jateng, tiga kecamatan di Kendal yang ditetapkan sebagai zona merah setelah terjadi lonjakan jumlah kasus positif Covid-19.”Muncul beberapa klaster di tiga kecamatan itu diantaranya klaster lapas, klaster keluarga dan yang baru adalah klaster takziah,” terang Ferinando kepada Gatra.com di ruang kerjanya, Selasa (08/06/21).

Menurut Feri, paska ditetapkan tiga kecamatan itu sebagai zona merah, Dinkes Kendal mengambil langkah dengan aktif melakukan tracing dan semakin gencar melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan (prokes) kepada masyarakat sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Dinkes Kendal juga meminta kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Kendal untuk kembali melakukan pembatasan-pembatasan pada kegiatan masyarakat dan pembatasan jam pada tempat yang sering dikunjungi masyarakat. Pembatasan yang diminta berupa pembatasan jam buka maupun pembatasan jam tutup. Selain itu, Dinkes Kendal juga meminta agar tim Satgas tak segan untuk kembali membubarkan jika ada kerumunan yang dilakukan masyarakat sehingga mata rantai penyebaran covid-19 dapat diputus.

Ditambahkan pihaknya segera melakukan rapat dengan semua kepala Puskesmas, Camat, Kapolres dan Dandim untuk melakukan percepatan proses vaksinasi terhadap masyarakat yang rentan terpapar.”Kami bersama Satgas Covid-19 dan pihak terkait akan melakukan upaya agar kasus positif Covid-19 dapat dikendalikan dan tidak meluas ke kecamatan lain,” tegasnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here