SK Pokdarwis Turun, Kampung Pesilat Berbenah

0
42

KENDAL – Surat Keputusan  (SK) Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kampung Pesilat sudah turun pada bulan Arpil lalu dengan Nomor: 556/1044/Disporapar tentang Kelompok Sadar Wisata Kampung Pesilat. Paska turunnya SK tersebut, pengelola Kampung Pesilat mulai berbenah menyiapkan infrastruktur dan managemen untuk mulai start pada tahun 2022 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua PSHT Cabang Kendal, yang juga Pengela Kampung Pesilat Desa Jenarsari, Supriyadi SH MH saat ditemui SKN, Jumat (04/06/21).”Alhamdulillah, SK Pokdarwis sudah turun sehingga kita langsung pembenahan dan persiapan untuk start yang rencananya akan dimulai pada tahun 2022 mendatang,” ujar Supriyadi.

Menurut Supriyadi, Pembenahan meliputi atlet dan infrastruktur. Dikatakan, untuk atlet pihaknya sudah menyiapkan hari khusus untuk latihan atlet dan hanya diikuti oleh atlet yang berprestasi.”Dalam latihan itu mereka belajar tentang tehnik olahraga prestasi di Pemusatan Latihan Atlet Berbakat (PLAB). Kami merekrut para atlet dari ranting-ranting ditingkatkan Kecamatan,” kata Supriyadi.

Dijelaskan, latihan tersebut berbeda dengan latihan reguler. Selain itu di KONI juga ada Pemusat Latihan Kabupaten (Puslatkab). Sedangkan pembenahan infrastruktur meliputu sarana prasarana penunjang seperti gedung, jalur wisata mulai dari Terminal Bahureksi hingga Padepokan. Disepanjang jalan menuju Padepokan Kampung Pesilat juga dipasang spanduk bergambar kegiatan-kegiatan silat dan prestasiyang sudah diraih. “Nanti kita siapkan odong-odong dengan ornamen, yang akan mengantarkan wisatawan diantar menuju Padepokan Kampung Pesilat,” jelasnya. Supriyadi mengaku, belum lama ini pihaknya, menyabet sejumlah piala bergengsi di acara Kartini Cup dengan menjadi juara umum 2 sehingga memperoleh piala dari Iriana Jokowi, sedangkan di tahun 2020 dalam kejuaraan antar mahasiswa mendapat piala Presiden Jokowi untuk kategori Pesilat Terbaik.

Keterangan Foto: Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki menghadiri acara grand final Sayembara Videography Kampung Pesilat di Jenarsari.

Ditambahkan, belum lama ini pihaknya juga sukses menggelar Sayembara Videography yang bertujuan untuk mengembangkan potensi Desa Jenarsari yang akan menjadi Kampung Pesilat Kabupaten Kendal. Penilaian lomba membuat film pendek tentang kampung pesilat  meliputi sinematik, informasi tentang latang belakang kondisi sekarang serta pesan moral. Ada 15 peserta dari perwakilan ranting PSHT ditingkat Kecamatan.”Di lomba itu  Ranting Weleri menjadi juara 1, juara 2 Ranting Patebon dan juara 3 Ranting Gemuh,” pungkasnya.

Sementara Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki berpesan agar para atlet dan para anggota PSHT untuk selalu menjaga sportivtas dan terus berlatih serta menjaga prestasi.“Terus jaga sportivitas dan jaga kejujuran. Insya-Allah panjenengan semua bisa menjadi insan-insan yang berbudi pekerti luhur, yang bisa membawa nama harum keluarga dan masyarakat Kendal,” harap Basuki.

Ditambahkan, semua anggota PSHT tetap menjaga protokol kesehatan. Baik saat aktivitas sehari-hari, maupun saat berlatih.“Saya mendapat laporan dari Dinas Kesehatan, bahwa ada peningkatan penularan Covid-19 di Kabupaten Kendal. Untuk itu saya berharap, agar semua masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. Jaga diri, jaga keluarga dan jaga sesama,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Jenarsari, Markinah mengaku terharu atas kehadiran Wakil Bupati Kendal di desanya. Dirinya berharap, apa yang menjadi cita-cita warga menjadikan Jenarsari sebagai Kampung Pesilat bisa terwujud.“Semoga, dengan menggandeng Pokdarwis Desa Jenarsari dan peran serta masyarakat, Insya-Allah Jenarsari bisa menjadi Desa Wisata Pesilat Kabupaten Kendal,” ujarnya. (AU/01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here